Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/504
Title: PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Authors: Nesmaya, Lisa
Bektiarso, Singgih
Yushardi
Keywords: strategi konflik kognitif, teknik peta konsep, hasil belajar, aktivitas belajar
Issue Date: 28-Jun-2013
Series/Report no.: Jurnal Pembelajaran Fisika;Volume 1 Nomor 4 Maret 2013
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dengan pembelajaran yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dan aktivitas belajar siswa selama menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Data untuk mengetahui hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest dan post-test yang di peroleh dari kelas eksperimen adalah 30.28 dan 73.19. Nilai rata-rata pre-test dan post-test dari kelas kontrol adalah 29.57 dan 66.23. Aktivitas siswa selama menggunakan strategi konflik kognitif disertai konflik kognitif dibuat dengan data prosentase yang hasilnya diperoleh skor yang lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis data ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif disertai konflik kognitif lebih baik daripada pembelajaran pada kelas kontrol pada aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/504
ISSN: 2301 – 9794
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lisa+Nesmaya.pdf63.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.