Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4857
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKhusnul Arifin-
dc.date.accessioned2013-12-05T06:22:57Z-
dc.date.available2013-12-05T06:22:57Z-
dc.date.issued2013-12-05-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4857-
dc.description.abstractKenyataannya banyak sumber daya manusia lulusan lembaga pendidikan tinggi cenderung lebih senang mengisi lapangan kerja yang tersedia baik dari instansi pemerintah dan swasta dibandingkan dengan berusaha menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dan orang lain. Berdasarkan data Badan Pusat Statitik Pendidikan kewirausahaan merupakan suatu proses belajar pengalaman tentang pengetahuan kewirausahaan dalam mengembangkan potensi diri mahasiswa untuk menumbuhkan kepribadian kreatif dan inovatif yang memiliki jiwa dan sikap kewirausahaan. Sikap kewirausahaan merupakan suatu kencenderungan dan ketersedian untuk bereaksi atau bertindak seseorang vii Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Bisnis meberikan pendidikan kewirausahaan kepada mahasiswa untuk menumbuhkan kepribadian kreatif dan inovatif yang memilki jiwa dan sikap kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Bisnis FKIP Universitas Jember angkatan tahun 2008. Penelitian ini di rancang sebagai penelitian survei yang di gunakan untuk menjelaskan hubugan kausal antara variabel pendidikan kewirausahaan terhadap variabel sikap kewirausahaan. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area dan jumlah responden 42 mahasiswa. Data primer diperoleh peneliti melalui penyebaran angket kepada responden yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi konsentrasi bisnis FKIP Universitas Jember angkatan tahun 2008. Data sekunder diperoleh dari melalui wawancara dan pencatatan dokumen dan laporan lembaga terkait yaitu pihak Pengelola bagian akademik Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap pembentukan sikap kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung = 65,625 lebih besar dari pada F = 4,085 dan α = 0,005 lebih besar dari pada sig F = 0,0000. Hasil perhitungan terhadap koefesien determinasi sebesar r viii tabel = 6,21 atau 62,1% terhadap naik turunnya sikap kewirausahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perubahan sikap kewirausahaan yang disebabkan oleh pengaruh pendidikan kewirausahaan sebesar 6,21 atau 62,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di analisis dalam model seperti minat seseorang terhadap sikap kewirausahaan, latar belakang keluarga, dan pekerjaan orang tua, lingkungan bisnis dan sistem nilai budaya. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,790 yang berarti bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki hubungan yang kuat dengan sikap kewirausahaan mahasiswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0602101385;-
dc.subjectPENDIDIKAN KEWIRAUSAHAANen_US
dc.titleKhusnul Arifinen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Khusnul Arifin - 0602101385_1.pdf776.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools