Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4777
Title: | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN ANTIROGO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
Authors: | DEWI TAOFAN WIJAYANTIE |
Keywords: | Aktivitas dan Hasil Belajar IPS, Bahasan Uang, Media Permainan Ular Tangga |
Issue Date: | 5-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 080210204200; |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 03 kecamatan Sumbersari kabupaten Jember yang terdiri dari 26 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPS menggunakan media permainan ular tangga mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang aktif; (2) hasil belajar siswa selam pembelajaran mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal; (3) Pembelajaran IPS menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Antirogo 03 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4777 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dewi Taofan W..pdf | 137.4 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools