Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/458
Title: | METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA SMA : STUDI PADA KONSEP BESARAN DAN SATUAN TAHUN AJARAN 2012-2013 |
Authors: | Setiawan, Agung Sutarto Indrawati |
Keywords: | Metode praktikum, hasil belajar, Retensi hasil belajar |
Issue Date: | 27-Jun-2013 |
Series/Report no.: | JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA;Volume 1, Nomor 3, Desember 2012 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran dengan metode praktikum pada hasil belajar fisika dan retensi hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu teknik dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Untuk mengkaji pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa digunakan teknik analisis “Paired Samples T-Test” dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program SPSS versi 16.0, untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika siswa digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMAN 1 Rambipuji metode praktikum tergolong tinggi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/458 |
ISSN: | 2301 - 9794 |
Appears in Collections: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Agung+Setiawan.pdf | 87.15 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.