Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4532
Title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
Authors: Anggita Rasulyah
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Kotak Kartu Misteri (Kokami), Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 5-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204271;
Abstract: Hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami pada siklus I, yaitu kriteria mendengarkan dan mencatat kartu pesan 60,26%, memecahkan masalah 60,71%, diskusi dan interaksi 58,03%, presentasi 55,8% dan menarik kesimpulan 55,35%. Secara keseluruhan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 58,03% dan dapat dikategorikan cukup aktif. Aktivitas siswa pada siklus II, yaitu kriteria mendengarkan dan mencatat kartu pesan 86,16%, memecahkan masalah 74,99%, diskusi dan interaksi 83,48%, presentasi 76,33% dan menarik kesimpulan 72,32%. Secara keseluruhan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,62% dari siklus I yaitu mencapai 78,65% dan dapat dikategorikan aktif. Tes akhir siklus I kurang memuaskan, hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 57,14%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari siklus I yaitu mencapai 78,57% dan telah dikatakan tuntas, karena telah mencapai KKM SD Negeri Mumbulsari 01 Jember yaitu 60%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mumbulsari 01 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4532
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anggita Rasulyah.pdf171.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools