Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/440
Title: PEMBERDAYAAN ACADEMIC SKILL DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PERKULIAHAN TAKSONOMl HEWAN INVERTERBATA BERBASIS LESSON STUDY (LS)
Authors: Suratno
Keywords: Problem based learning, Lesson study, academic skill
Issue Date: 26-Jun-2013
Abstract: Perkuliahan Taksnomi Hewan Invertebrata membahas kenanekaragaman hewan-hewan Invertebrate, karakteristiknya morfologi, fisiologi, klasifikasi, hubungan kekerabatan (filogeni), dan peranan lnvertebrate bagi kehidupan manusia. Perkuliahan dilaksanakan dengan tatap muka dan praktek yang dilaksanakan secara terpisah. Perkuliahan dilakanakan secara teom teaching. Dari hasil evaluasi pelaksanaan perkuliahan tahun-tahun sebelumnya menunjukkan bahwa mahasiswa lebih memprioritaskan nilai kelulusan dan terkadang mengenyampingkan keterampilan penguasaan academic skill. Penelitian ini dilakukan dengan mengaplikasikan pola pembelajaran berbasis lesson study (LS) dengan menerapkan pembelajaran PBL pada Phylum Porifera. Pada pembelajaran ini dilakukan pentahapan yaitu plan, do, dan, see. Perkuliahan dilakukan dengan melibatkan teman sejawat di dalam merancang perkuliahan melakukan observasi, dan dalam kegiatan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan PBL dan data hasil dokumentasi diperoleh data adanya peningkatan academic skill dengan dilangsungkannya pembelajaran PBL pada semua aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain: merumuskan masalah, deduksi teori,menyusun hipotesis, melaksanakan penyelidikan, dan menyusun kesimpulan
Description: Prosiding Seminar Nasional MIPA 2011 Universitas Negeri Semarang, 29 Oktober 2011 dengan Tema “Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study”
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/440
ISBN: 978-602-99075-1-3
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Prosiding+Sem.+Nas+MIPA.pdf416.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.