Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4376
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, MATEMATIS, GAMBAR, GRAFIK DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP |
Authors: | Prasti Wirapakerti |
Keywords: | Learning Cycle |
Issue Date: | 5-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 080210192053; |
Abstract: | Pembelajaran fisika di SMP secara umum adalah memberikan pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreatifitas siswa. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa IPA (fisika) sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari satu buku atau hanya secara teoritik, sehingga pembelajaran IPA (fisika) terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa (Bektiarso, 2000). Proses pembelajaran seperti ini cenderung berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Kenyataan tersebut dapat terjadi karena proses pembelajaran di sekolah tidak optimal. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif. Model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan penguasaan konsep dan sekaligus dapat melibatkan siswa secara aktif salah satunya adalah model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi. Model Learning Cycle berbasis multirepresentasi mengharuskan siswa ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran ini akan menumbuhkan keterampilan siswa terhadap apa yang dipelajari sehingga apa yang diperoleh siswa tidak mudah terlupakan. Siswa tidak hanya akan mendapatkan penjelasan secara verbal melalui teks tetapi juga dapat menggambarkan dan menggrafikkan informasi yang disajikan melalui bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, dan grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Multirepresentasi dan mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction. vii Daerah penelitian ini adalah SMPN 1 Ambulu yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan kemampuan multirepresentasi dianalisis menggunakan rumus Ngain dan hasil belajar kognitif produk siswa dianalisis dengan Independent Samples T-Test pada SPSS 16. Berdasarkan analisis data peningkatan kemampuan representasi verbal siswa berada pada kriteria tinggi dengan nilai N-gain 0,75. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,57. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,53. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,41. Hasil belajar kognitif produk dinyatakan H viii 0 ditolak dan H diterima. Dengan kata lain, Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction. 1 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi verbal siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria tinggi. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria sedang. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria sedang. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria sedang. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction pada pembelajaran fisika di SMP. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4376 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Prasti Wirapakerti - 080210192053_1.pdf | 211.4 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools