Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/433
Title: | PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW-RECIPROCAL TEACHING (JIRAT) |
Authors: | Suratno |
Keywords: | kemampuan akademik, JIRAT, keterampilan metakognisi, strategi pembelajaran |
Issue Date: | 26-Jun-2013 |
Series/Report no.: | JIP (JURNAL ILMU PENDIDIKAN);Jilid 17, Nomor 2, Juni 2010 |
Abstract: | Keterampilan metakognisi dapat membantu siswa menjadi pembelajaran mandiri. Pembelajaran mandiri bertanggung jawab terhadap kemajuan belajarnya. Tujuan penelitian adalah meningkatkan secara signifikan keterampilan metakognisi siswa berkemampuan akademik bawah dengan menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw-Reciprocal Teaching (JIRAT). Rancangan penelitian adalah kuasi eksperimen dengan faktorial 4X2. Prosedur penelitian dengan desain eksperimen Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri dan SMA Swasta di Jember. Keterampilan metakognisi diukur dengan rubrik yang dikembangkan oleh Corebima. Data yang didapat dianalisis dengan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi. Strategi JIRAT, reciprocal Teaching (RT), dan strategi Jigsaw pada siswa dengan kemampuan akademik atas dan bawah mempunyai kemampuan sama dalam meningkatkan keterampilan metakognisinya JIRAT. strategi RT, dan strategi Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan metakognisi siswa berkemampuan akademik bawah |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/433 |
ISSN: | 0215 -9643 |
Appears in Collections: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
jurnal+Ilmu+Pendidikan.pdf | 189.16 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.