Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4329
Title: Model Pengajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Media ICT Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika di SMP (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jember)
Authors: Dewi Nindya Sari
Keywords: Media ICT
Issue Date: 5-Dec-2013
Series/Report no.: 080210102009;
Abstract: Berdasarkan nilai rata-rata UN SMP/MTs tahun ajaran 2011-2012, Propinsi Jawa Timur untuk mata pelajaran IPA yaitu 8,05 lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata UN mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 8,41 dan Matematika yaitu 8,07. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar khususnya dalam kemampuan penguasaan konsep mata pelajaran IPA lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Rendahnya prestasi belajar khususnya dalam penguasaan konsep salah satunya dipengaruhi oleh rendahnya aktivitas siswa untuk belajar. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat mendukung siswa untuk menguasai konsep dan meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah model pengajaran berdasarkan masalah berbantuan media ICT. Model Pengajaran Berdasarkan Masalah berbantuan media ICT merupakan suatu model pembelajaran yang ditekankan pada pemecahan masalah dalam kehidupan nyata yang dibantu dengan menggunakan media komputer yaitu suatu alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar di mana berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia menggunakan teknologi tertentu. Media ini berfungsi menampilkan sesuatu yang tidak dapat diamati oleh mata dan sesuatu yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk yang nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh Model Pengajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Media ICT terhadap peningkatan aktivitas belajar fisika siswa SMP kelas VIII, dan (2) mengkaji pengaruh Model iii Pengajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Media ICT terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu true experimental design dan menggunakan desain control group pre-test post-test. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMPN 3 Jember yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling yang diawali dengan uji homogenitas terhadap seluruh populasi penelitian. Metode pengumpulan data untuk aktivitas belajar fisika adalah dengan menggunakan lembar observasi, untuk penguasaan konsep fisika adalah dengan menggunakan tes yaitu nilai hasil pretest dan post-test, dan untuk data pendukung adalah melalui data dokumentasi. Metode analisis data untuk menjawab permasalahan pada aktivitas belajar fisika dan penguasaan konsep fisika adalah dengan menggunakan uji statistik yaitu uji-t. Hasil observasi untuk aktivitas belajar siswa memiliki rata-rata skor pada kelas eksperimen adalah 12,5 dan kelas kontrol adalah 7,41. Ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sedangkan untuk penguasaan konsep fisika memiliki rata-rata nilai selisih antara nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yaitu 37,64 dan pada kelas kontrol adalah 25,21. Ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan penguasaan konsep pada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Model Pengajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Media ICT berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar fisika siswa SMP kelas VIII, dan (2) Model Pengajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Media ICT berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMP kelas VIII.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4329
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dewi Nindya Sari - 080210102009_1.pdf193.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools