Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/3967
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI GRUJUGAN BONDOWOSO
Authors: Benny Satria Wahyudi
Keywords: Problem Based Learning
Issue Date: 4-Dec-2013
Series/Report no.: 090210103003;
Abstract: Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran sehingga anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam materi pelajaran. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses, yang antara lain mengatur tentang perencanaan proses pembelajaran yang mensyaratkan bagi pendidik pada satuan pendidikan untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Salah satu elemen dalam RPP adalah sumber belajar. Berdasarkan hal tersebut guru diharapkan untuk mengembangkan bahan ajar sebagai salah satu sumber belajar. Berdasarkan Hasil pengisian angket dan wawancara oleh guru biologi SMAN Grujugan, guru hanya menggunakan buku paket sumbangan dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bondowoso (Intan Pariwara) dan LKS, buku tersebut belum memenuhi kebutuhan siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dilakukan penelitian pengembangan lebih lanjut tentang bahan ajar berbasis Problem Based Learning pada Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis model Problem Based Learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso, (2) untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar berbasis model Problem Based Learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X viii SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Penelitian dilakukan pada kelas X.1 SMAN Grujugan Bondowoso. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan bahan ajar 4-D (four-D model), yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel tahun 1974 yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Kegiatan pada tahap pendefinisian (define) meliputi analisis kurikulum, analisis karakter siswa, analisis materi, analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan (design) dilakukan penyusunan tes peneliti membuat pre-test dan post-test, pemilihan media, pemilihan format hingga dihasilkan rancangan awal berupa draft 1. Pada tahap pengembangan dilakukan penilaian validasi ahli serta masukan berupa saran dan komentar oleh 5 dosen program studi pendidikan biologi dan 2 guru biologi SMAN Grujugan Bondowoso dan diperoleh hasil mencapai 85,63% dengan kategori sangat valid, sehingga buku siswa ini dapat digunakan dalam kegiatan uji coba kelompok kecil. Dalam uji coba kelompok kecil dilakukan uji keterbacaan dan tingkat kesulitan bahan ajar pada kelas XI IPA 2 sebanyak 19 siswa dan diperoleh hasil 86,05% hal ini menunjukkan bahwa siswa mudah memahami bahan ajar yang dikembangkan. Pada uji kelompok besar dilakukan pada kelas X.1 dan diperoleh hasil aktivitas siswa sebesar 83,39% dengan kriteria baik, hasil aktivitas guru sebesar 97,72% dengan kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap bahan ajar diperoleh hasil 91,80% siswa merespon positif. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa kelas X.1 setelah menggunakan bahan ajar berbasis model Problem Based Learning pada materi Pencemaran Lingkungan diperoleh data bahwa pada pre-test memiliki rata-rata 66,50 dan post-test memiliki rata-rata 85,60 secara keseluruhan siswa mengalami persentase kenaikan nilai sebesar 32,3%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3967
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Benny Satria Wahyudi - 090210103003_1.pdf1.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools