Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/383
Title: ELTMT (English Language Test for Mathematics Teachers): An Assessment for Reading and Speaking Ability
Authors: Fardhani, Aan Erlyana
Keywords: ESP English Test, Mathematics Reading Speaking Test
Issue Date: 25-Jun-2013
Abstract: Buku berjudul ELTMT (English Language Test for Mathematics Teachers): An Assessment for Reading and Speaking Ability merupakan buku yang berisi materi tes bahasa Inggris untuk para guru SMP yang mengajar matematika. Buku ini dapat dikategori dalam tes bahasa untuk tujuan khusus (English for Specific Purposes/ESP) karena mengukur kemampuan bahasa Inggris guru matematika dengan menggunakan materi pelajaran matematika. Isi materi test dalam buku ELTMT yang terdiri dari tes membaca dan berbicara merupakan HASIL dari penelitian pengembangan disertasi S3 Aan Erlyana Fardhani. Tes membaca dikembangkan bersifat obyektif dalam bentuk tes pilihan ganda dan mencocokkan sedangkan berbicara lebih cenderung bersifat subyektif yang dikemas dalam 2 bentuk tes. Tes yang pertama merupakan tes berbicara yang memberi kesempatan peserta Tes untuk membuat persiapan mengajar sesuai topik yang telah dipilih sehari sebelumnya, tes berbentuk Role Play of Partly Teaching Presentation Model. Sedangkan tes bicara kedua menghendaki respon spontan dari peserta tes berdasarkan situasi nyata mengajar matematika di kelas yang diberikan. Tujuan penyajian dua model tes membaca adalah untuk mengukur kemampuan guru dalam memberikan respon secara spontan yg membutuhkan keterampilan bicara yang lebih tinggi dibandingkan dengan tes mengajar dengan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris yang dipersiapkan sehari sebelumnya. Namun tes mengajar memiliki cakupan topik yang lebih luas sehingga dapat saling melengkapi. Materi tes baik reading maupun speaking dikembangkan berdasarkan materi ujian semestes kelas VII,VIII, dan IX SMP RSBI dari pemerintah dan beberapa referensi buku teks soal-soal matematika dalam Bahasa Inggris dimana dilakukan modifikasi yang diperlukan untukmenyesuaikan tingkat kesulitan dan membuat tes lebih menarik. Buku ini dilengkapi dengan uraian singkat tentang tes danjtujuan pengembangantes, petunjuk pemakaian buku, jawaban kunci, dan metode skoring dan grading.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/383
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
File.pdf47.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.