Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/3084
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBudi Suyanto-
dc.contributor.authorBambang Wibisono-
dc.contributor.authorBambang Syamsu Badrianto-
dc.date.accessioned2013-12-03T07:46:55Z-
dc.date.available2013-12-03T07:46:55Z-
dc.date.issued2013-12-03-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3084-
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractHasil penelitian: sekolah-sekolah memberi konsepsi muatan lokal sebagai sesuatu yang memuat potensi budaya daerah yang paling menoqiol. Penetapan kebijakan pengajaran pada salah satu bahasa daerall sebagai muatan lokal belum sepenuhnya didasarkan pada nilai-nilai multikulturalisme, tapi lebih berorientasi pada bahasa daerah etnik mayoritas. Kebiiakan pengajaran bahasa daerah seperti ini diterapkan di enam SMP negeri yang diteliti. Hasilnya adalah capaian pengetahuan linguistik bahasa daerah tertentu lebih banyak daripada repertoire komunikatifrrya. Siswa efirik mayoritas hanya memperoleh kompetensi di dalam bahasanya sendiri, tetapi tidak memperoleh kompetensi bahasa etnik yang lain. Sebaliknya etnik minoritas tidak memperoleh kompetensi bahasanya tetapi memperoleh kompetensi bahasa etnik mayoritas. Keuntungan etnik minoritas dengan kompetensi bahasa yang diperolehnya dapat menjalankan peran sosialnya di tengah pergaulan etnik mayoritas. Efek negatifnya adalah mereka tidak dapat mengembangkan bahasa dan kebudayaannya sendiri. Di samping itu, identitas keetnikan mereka akan terkikis oleh dominasi etnik mayoritas. Sekolah terkesan melakukan upaya "Jawanisasi", 'Maduranisasi", atau "Usingisasi" secara formal terhadap para siswa yang beretnik lain.en_US
dc.description.sponsorshipHB_2009en_US
dc.publisherFAKULTAS SASTRA '09en_US
dc.subjectReorientasi Kebijakan pengajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Daerahen_US
dc.subjectNilai-Nilai Multikulturalimeen_US
dc.subjectKajian Sosiolinguistiken_US
dc.titleReorientasi Kebijakan pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Daerah Berdasarkan Nilai-Nilai Multikulturalime : Kajian Sosiolinguistiken_US
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Budi Suyanto.pdf3.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.