Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/27279
Title: WACANA IKLAN PEMILU LEGISLATIF 2009 DI KABUPATEN JEMBER
Authors: Siti Nurjanah
Keywords: Iklan Pemilu Legislatif 2009
Issue Date: 29-Jan-2014
Series/Report no.: 050210402371;
Abstract: Strategi penyampaian implikatur dan strategi pemilihan ragam bahasa yang kontekstual dalam iklan pemilu legislatif 2009 bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar tergugah untuk memilih caleg yang berasal dari partai tertentu. Penelitian ini mengangkat permasalahan (1) konteks dalam wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember, (2) strategi penyampaian implikatur wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember, dan (3) strategi pemilihan ragam bahasa dalam wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) konteks wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember, (2) strategi penyampaian implikatur wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember, dan (3) strategi pemilihan ragam bahasa dalam wacana iklan pemilu legislatif 20009 di Kabupaten Jember. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah teks iklan kampanye pemilu legislatif 2009 yang berupa iklan luar ruang. Hasil analisis data menunjukkan terdapat konteks politik, sosial budaya, dan ekonomi dalam wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember. Konteks politik meliputi topik pemberantasan korupsi, caleg yang membawa pembaharuan dan pemberantasan money politik, perantara aspirasi rakyat, berpedoman pada dasar negara, keterwakilan perempuan, kebangsaan, dan penegakan hukum. Konteks ekonomi meliputi topik memperjuangkan usaha kecil dan mengurangi pengangguran, menurunkan harga BBM. Konteks sosial budaya meliputi topik janji gaji untuk rakyat, berjuang untuk kepentingan rakyat, religi, dan meningkatkan meningkatkan potensi daerah. Strategi penyampaian implikatur wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember dengan upaya memperkenalkan identitas diri caleg, dengan orientasi visi dan misi, dan dengan membangun citra positif calon legislatif. Pesan implisitnya adalah pilihlah saya (caleg) yang akan membawa perubahan dan selalu berjuang untuk rakyat. Strategi pemilihan ragam bahasa dalam wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember berupa ragam ilmiah dan ragam populer. Ragam ilmiah meliputi diksi Bahasa Indonesia formal dan gaya penyampaian tulisan yang memiliki kelengkkapan unsure-unsur kalimat. Ragam populer yang meliputi diksi (Bahasa Indonesia, bahasa daerah), dan gaya penyampaian bahasa (penggunaan karmina, gaya bahasa (klimaks, metafora, repetisi, antitesis)) Saran yang diberikan sebagai berikut. Pertama, bagi peneliti berikutnya, dengan diperolehnya deskripsi tentang konteks, strategi penyampaian implikatur, serta strategi pemilihan ragam bahasa dalam wacana iklan pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Jember, perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai wacana iklan pemilu dengan spesifikasi yang berbeda. Kedua, bagi pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia, hendaknya ikut berperan serta mencari rujukan materi Bahasa Indonesia, khususnya kemampuan pemilihan ragam bahasa untuk meningkatkan kemampuan menulis iklan. Ketiga, bagi mahasiwa bahasa dan sastra Indonesia, hendaknya dalam mempelajari ilmu analisis wacana juga menyeimbangkannya dengan ilmu linguistik yang disesuaikan dengan perkembangan konteks wacana.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27279
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (347)FKIP_1.pdf508.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools