Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/27024
Title: ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN DAGING AYAM RAS (Broiler Chicken) Di PASAR TRADITIONAL DAN PASAR MODERN KOTA JEMBER
Authors: Abdilah Burhanudin
Keywords: Analisis Perilaku Konsumen
Issue Date: 29-Jan-2014
Series/Report no.: 061510201078;
Abstract: Kabupaten Jember merupakan salah satu pengkonsumsi daging ayam terbesar di Provinsi Jawa Timur. Daging ayam ras pedaging (Broiler chicken) dijual oleh pedagang di berbagai tempat di Jember. Setiap pasar traditional dipastikan terdapat penjual daging ayam ras. Selain di pasar traditional, daging ayam ras pedaging juga tersedia di pasar modern (Supermarket/Swalayan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen pada pembelian daging ayam ras di jember selain itu ingin mengetahui segmen potensial konsumen serta alasan konsumen membeli daging ayam ras di pasar traditional dan pasar modern. Alat analisis yang digunakan adalah analisi faktor dang menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku konsumen pada pembelian daging ayam di Jember adalah faktor produk dan sumber informasi, faktor pribadi dan faktor psikologi. (2) segmen potensial konsumen di pasar traditional diketahui Konsumen dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi menjadi konsumen yang dominan dalam aspek tingkat pendidkan, konsumen sebagai ibu rumah tangga menjadi konsumen yang dominan dalam aspek jenis pekerjaan, konsumen pada usia dewasa (30-49 thn) menjadi konsumen yang dominan dalam aspek usia dan konsumen dengan tingkat pendapatan rumah tangga Rp.2.000.000– Rp. 3.000.000 menjadi yang dominan dalam aspek tingkat pendapatan rumah tangga. Dan segmen potensial konsumen di pasar modern diketahui konsumen dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi menjadi konsumen yang dominan dalam aspek tingkat pendidkan, konsumen sebagai pegawai swasta menjadi konsumen yang vii dominan dalam aspek jenis pekerjaan, konsumen pada usia dewasa (30-49 thn) menjadi konsumen yang dominan dalam aspek usia dan konsumen dengan tingkat pendapatan rumah tangga > 7.000.000 menjadi yang dominan dalam aspek tingkat pendapatan rumah tangga. (3) Alasan konsumen membeli daging ayam di pasar traditional yang paling dominan adalah konsumen sekalian berbelanja kebutuhan rumah tangga lainya selain daging ayam ras, sedangkan alasan konsumen membeli daging ayam di pasar modern adalah disamping membeli daging ayam konsumen juga mempunyai motivasi lain yaitu jalan-jalan di pasar modern.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27024
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf71.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools