Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/26732
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorM u h H a s a n B is r i M-
dc.date.accessioned2014-01-28T23:22:51Z-
dc.date.available2014-01-28T23:22:51Z-
dc.date.issued2014-01-28-
dc.identifier.nimNIM080210391023-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26732-
dc.description.abstractAkuntansi selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit karena membutuhkan ketelitian dalam memahami materi, sedangkan alokasi waktu jam pelajaran akutansi sangat terbatas sehingga berdampak pada pembelajaran di kelas. Hal tersebut mengakibatkan kurangya interaksi antara guru dan siswa sehingga diperlukan suatu sikap kemadirian siswa dalam belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Dengan demikian kemandirian dan gaya belajar yang sesuai sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kemandirian dan gaya belajar kinestetik. Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama apakah kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Permasalahan yang kedua yaitu variabel, apakah diantara variabel kemandirian belajar dengan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. 2) Mengetahui variabel kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Jember. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 54 sampel dengan pertimbangan viii b a h w a j u m la h te r s e b u t s u d a h m e le b ih i j u m l a h s a m p e l m i n i m a l d a l a m p e n e li t ia n ( n = 3 0 ) . V a r i a b e l y a n g d ite liti a d a l a h k e m a n d i r i a n ( X ) , g a y a b e l a ja r k in e s te t ik ( X 2 http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ i x 1 ) , d a n h a s il b e la ja r ( Y ) . P e n g u m p u l a n d a t a m e n g g u n a k a n in s t r u m e n y a n g t e l a h te r u j i v a li d i ta s d a n r e lia b i li ta s n y a . M e to d e y a n g d ig u n a k a n a d a l a h m e t o d e a n a l i s is d e s k r i p tif d a n a n a lis i s in f e r e n s i a l . B e r d a s a r k a n h a s i l p e n e li t ia n d a n a n a li s i s d a ta , d i p e r o l e h p e r s a m a a n r e g r e s i Y = 4 , 1 9 9 + 0 , 5 3 0 X 1 + 0 , 9 6 3 X 2 + e , s e h in g g a te r d a p a t p e n g a r u h y a n g p o s i ti f d a n s ig n if ik a n a n ta r a k e m a n d ir i a n d a n g a y a b e la ja r k i n e s te t ik te r h a d a p h a s il b e l a j a r s is w a . D a r i h a s il u ji F a t a u s i m u lta n d i p e r o l e h F i h i t u n g s e b e s a r 2 7 , 5 1 3 d a n F s e b e s a r 3 , 1 8 m a k a ( 2 7 , 5 1 3 ≥ 3 , 1 8 ) y a n g b e r a r ti s ig n if ik a n d a n m e n e r i m a h i p o te s is a lte r n a t i f . H a s il p e n g u j i a n s e c a r a p a r s ia l v a r i a b e l k e m a n d ir ia n d i p e r o l e h t s e b e s a r 2 , 9 3 6 d a n t s e b e s a r 2 , 8 3 5 d a n t t a b e l t a b e l s e b e s a r 2 , 0 0 d e n g a n n il a i s ig n i f i k a n s i ( 2 , 9 3 6 ≥ 2 , 0 0 ) , t s e b e s a r 2 , 0 0 u n tu k v a r ia b e l g a y a b e la j r k in e s te t i k d e n g a n n ila i s ig n i f ik a n s i ( 2 , 8 3 5 ≥ 2 , 0 0 ) , h a l i n i b e r a r ti h i p o te s is a lte r n a t i f d i te r i m a . K o e f i s i e n d e te r m in a n R 2 s e b e s a r 5 1 , 9 % , s e d a n g k a n s i s a n y a 4 8 , 1 % d i p e n g a r u h i o l e h f a k to r la in d i l u a r p e n e lit i a n in i . B e s a r n y a k o n t r i b u s i a t a u s u m b a n g a n s e c a r a p a r s i a l m a s in g m a s in g a d a l a h 2 6 , 5 0 % u n tu k v a r i a b e l k e m a n d i r ia n d a n 2 5 , 4 2 % u n tu k v a r i a b e l g a y a b e l a j a r k in e s t e t i k . B e r d a s a r k a n h a s i l p e n e lit i a n in i j u g a d a p a t d i k e ta h u i b a h w a v a r ia b l e k e m a n d i r ia n ( X 1 ) m e r u p a k a n v a r ia b e l y a n g d o m i n a n b e r p e n g a r u h te r h a d a p h a s il b e l a j a r ( Y ) .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 8 0 2 1 0 3 9 1 0 2 3;-
dc.subjectK e m a n d i r i a n , G a y a B e la ja r K in e s t e t i k , H a s il B e l a j a ren_US
dc.titleP E N G A R U H K E M A N D I R I A N D A N G A Y A B E L A J A R K I N E S T E T I K T E R H A D A P H A S I L B E L A J A R P A D A S I S W A K E L A S X I I P S S M A N A M B U L U M A T A P E L A J A R A N A K U N T A N S I P A D A S T A N D A R K O M P E T E N S I S I K L U S A K U N T A N S I P E R U S A H A A N J A S A S E M E S T E R G E N A P T A H U N A J A R A N 2 0 1 2 / 2 0 1 3en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (34)a_1.pdf384.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools