Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/26722
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW
Authors: DIAH KURNIA YULIANTI
Keywords: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 28-Jan-2014
Series/Report no.: 080 210 204 311;
Abstract: Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu sosial, ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan kurang menggunakan model pembelajaran yang lain yang lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pelajaran di sekolah. Guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. SD Negeri Bintoro 01 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang masih mengunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru IPS di SDN Bintoro 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember ? 2). bagaimana aktivitas belajar siswa dapat meningkat dari rendah menjadi tinggi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? 3). bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ?
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26722
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub-gdl-diahkurnia-6339-1-diahkur-ia_1.pdf308.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools