Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/26687
Title: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MA
Authors: Wachidah Putri Ramadhani
Keywords: L PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING
Issue Date: 28-Jan-2014
Series/Report no.: 080210102041;
Abstract: Fisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam teknik mind mapping menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran fisika di kelas, yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Siswa dapat memahami suatu produk fisika dengan proses pemecahan masalah melalui model PBI kemudian menuangkan hasil pemikiran, gagasan, atau ide dalam bentuk mind mapping sehingga akan meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah: menggunakan model problem based instruction disertai teknik mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri Lumajang. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t one tail pihak kanan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisa data yang digunakan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan model problem based instruction disertai teknik mind mapping adalah dengan cara membandingkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah sebesar 62.2, sedangkan untuk kelas kontrol kenaikan pre-test dan post-test adalah sebesar 48.77. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Analisis data tersebut dikuatkan dengan menggunakan uji t one tail pihak kanan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem based instruction disertai teknik mind mapping diperoleh nilai = 1.911 dan nilai = 1,669 sehingga > , maka hipotesis nihil fisika siswa menggunakan model pembelajaran problem based instruction disertai teknik mind mapping lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis aktivitas belajar siswa diperoleh persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen secara klasikal adalah 85.09%, sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol secara klasikal adalah 27.61%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X MA Negeri Lumajang tahun ajaran 2011/2012,
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26687
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (99)a_1.pdf500.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools