Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/25972
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYuyun Ismiyati-
dc.date.accessioned2014-01-28T01:57:30Z-
dc.date.available2014-01-28T01:57:30Z-
dc.date.issued2014-01-28-
dc.identifier.nimNIM080210204089-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25972-
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran di SDN Slawu 03 masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru kurang memberi kesempatan yang besar kepada siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan hanya menghafal materi yang diberikan oleh guru melalui metode ceramah. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa (konsepsi awal siswa) tersebut telah sesuai dengan informasi baru yang disampaikan guru atau malah sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa khususnya siswa kelas IV. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep, karena dapat menunjukkan secara visual berbagai jalan yang dapat ditempuh dalam menghubungkan pengertian konsep di dalam permasalahanya. Peta konsep yang dibuat siswa dapat membantu guru untuk mengetahui konsep yang salah (misconception) yang dimiliki siswa dan untuk memperkuat pemahaman konseptual guru sendiri dan disiplin ilmunya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204089;-
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TEKNIK PETA KONSEP SISWA KELAS IV SEMESTER GASAL SDN SLAWU 03 JEMBER POKOK BAHASAN ALAT INDRA MANUSIAen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S_S (311)_1.pdf165.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools