Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/25032
Title: EVALUASI STRATEGI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP ASKESKIN DI PUSKESMAS KABUPATEN SITUBONDO
Authors: MUCHAMAD SYAIFUL
Keywords: STRATEGI
Issue Date: 27-Jan-2014
Series/Report no.: 060920101016;
Abstract: uskesmas Besuki, Panarukan dan Asembagus adalah Puskesmas perawatan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi kualitas pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas dengan menggunakan perspektif masyarakat miskin. Penggunaan perspektif masyarakat miskin disini yaitu dengan melakukan analisis harapan dan penilaian kualitas pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas Kabupaten Situbondo. Rancang bangun penelitian ini bersifat obsevasional analitik, pengambilan data dilakukan dengan teknik survey dengan instrumen kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan total responden sebanyak 90 pasien yang terdiri dari pasien pasca rawat dan pasien yang sedang rawat inap pada bulan Februari sampai dengan bulan April tahun 2008. Dari hasil analisis pada jendela pelanggan terhadap variabel-variabel kualitas pelayanan dengan faktor harapan dan faktor penilaian kualitas pelayanan, diperoleh hasil yang bervariasi dan tersebar kedalam 4 (empat) kuadran yang ada pada jendela pelanggan tersebut. Adapun variabel yang berada pada kuadran satu adalah: 1). variabel kehandalan (dimensi reliability), dan 2). variabel daya tanggap (dimensi responsiveness). Sedangkan pada kuadran dua hanya variabel jaminan (dimensi assurance). Sementara itu yang terdapat pada kuadran tiga adalah variabel perhatian (dimensi emphaty). Dan yang terdapat pada kuadran empat adalah variabel kinerja sumberdaya fisik (dimensi tangible). Dengan demikian rumusan strategi yang direkomendasikan yaitu: meningkatkan variabel kehandalan dan daya tanggap; mengkomunikasikan variabel kinerja sumberdaya fisik; mempertimbangkan peningkatan variabel perhatian dan mempertahankan kinerja dari variabel jaminan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25032
Appears in Collections:MT-Science of Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a (346)X_1.pdf68.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.