Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/24817
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFIRA FEBRINA P.W
dc.date.accessioned2014-01-27T01:28:47Z
dc.date.available2014-01-27T01:28:47Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM070710191079-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24817
dc.description.abstractPeriklanan merupakan salah satu media informasi yang terpenting dalam rangka promosi atau pemasaran suatu produk. Disatu sisi iklan memang merupakan alat komunikasi yang penting antara produsen dengan konsumen karena dengan iklan konsumen akan mendapatkan informasi mengenai barang dan/atau jasa dan dapat menentukan piliha n. Tapi di sisi lain iklan dapat menyesatkan konsumen karena apa yang diiklankan tidak sesuai dengan kenyataan. Dalam kenyataannya banyak dijumpai bentuk-bentuk iklan yang http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id merugikan konsumen dari informasi yang disampaikan oleh pihak produsen dan media iklan seringkali hanya yang bersifat yang baik-baik saja tanpa sesuai dengan fakta kondisi yang terjadi sehingga dapat menyesatkan konsumen sebagai pemakai barang atau jasa, seperti iklan makanan. Akibat yang ditanggung konsumen dengan adanya iklan menyesatkan tersebut adalah konsumen dirugikan mater i ma upun non mat er i. Hal inilah yang menjadi alasan penulis tertarik untuk mengkaji dan menganalisa lebih lanjut dalam bentuk skripsi yang berjudul : “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS I KLAN MAKANAN YANG MENYESATKAN KEPENTINGAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN”. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini melip uti 3 (tiga) permasalaha n, ya it u be nt uk perlindungan hukum terhadap konsumen iklan makanan yang menyesatkan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, tanggung jawab produsen dan pelaku usaha periklanan jika iklan makanan terbukti menyesatkan konsumen, dan upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen apabila dirugikan atas adanya iklan makanan yang http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id me nyesatka n ko nsume n dit inj a u dar i Unda ng-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metodologi dalam penulisan skripsi ini adalah Yuridis Normatif, dengan metode pendekatan Undang-Unda ng da n pe ndekata n ko nsept ua l. Ba ha n hukum yang dipergunakan terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, disa mping j uga ba ha n non hukum. Dar i se lur uh ba ha n hukum da n non hukum ya ng d iperole h ke mudia n dikaji da n selanjutnya ditarik suatu kesimpulan da lam bentuk argumentasi dalam menjawab isu hukum dan memberikan preskripsi berdasarkan argumentasi yang telah dibangun didalam kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh penulis dalam pembahaan adalah bentuk perlindungan konsumen terhadap iklan makanan yang merugikan kepentingan http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id konsumen terkait dengan hak dan kewajiban dari masing- masing pihak yang terkait dapat dilakukan dengan memberikan ganti kerugian atau ganti rugi konsumen. Tanggung jawab produsen maupun pelaku us a ha pe r ik la na n terdir i dari produsen yang bertanggung jawab terhadap informasi yang diberikan apakah sesuai kenyataan atau tidak, sedangkan perusahaan periklanan bertanggung jawab atas kreatifitas dalam pembuatan iklan apakah melanggar kode etik periklanan atau tidak. Upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen dapat menggugat pelaku usaha melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha atau melalui peradilan yang dapat ditempuh melalui pengadila n atau diluar pe ngadila n. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disumbangkan beberapa saran ya it u, pe mer inta h pe r lu kira nya me mbe nt uk s ua t u pe ra t ura n ya ng k hus us berkaitan mengenai iklan dengan mengingat bahwa bisnis periklanan semakin meningkat dan banyak menyimpang dari kode etik periklanan yang dapat merugikan konsumen. Disamping itu konsumen juga diharapkan lebih berhati-ha t i dalam memilih produk makanan yang dikonsumsinya sedangkan bagi pelaku usaha sebaiknya dalam mempromosikan produk yang diproduksinya harusnya memperhatika n hak- hak konsumen dan sesuai dengan kode etik periklanan yang berlaku.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070710191079;
dc.subjectHUKUMen_US
dc.titlePERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS IKLAN MAKANAN YANG MENYESATKAN KEPENTINGAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMENen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhubA (179)x_1.pdf452.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools