Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/2457
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Hobri | - |
dc.contributor.author | Susanto | - |
dc.date.accessioned | 2013-12-02T09:35:12Z | - |
dc.date.available | 2013-12-02T09:35:12Z | - |
dc.date.issued | 2013-12-02 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2457 | - |
dc.description | Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 | en_US |
dc.description.abstract | Selama ini, siswa SMK belajar matematika karena "terpaksa". Tuntutan kurikulum yang ada serta peran guru matematika SMK selama ini belum mampu meyakinkan Secara nyata bahwa matematika perlu dikuasai oleh siswa, baik sebagai alat untuk berfikir (logika) maupun sebagai alat menyelesaikan masalah kejuiuan secara praktis (sederhana). Satu hal penting dalam upaya ini adalah minunjukkan secara nyata dan sederhana bahwa konsep-konsep matematika dapat diaplikasikan dalam banyak persoalan kejuruan, terutama dalam hal hitung menghitung. Desain model pembelajaran matematika berorientasi vocational skill dikembangkan guna memenuhi adanya tuntutan (kebutuhan) untuk menciptakan kebermaknaan kepada diri siswa SMK bahwa belajar matematika sebagai mata pelajaran kelompok adaptif sangat membantu dalam memahami dan menguasai mata pelajaran kejuruan (produktif). Dalam proses pembelajaran, tujuan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi, mulai dari desain pembelajaran, alat peraga, pembentukan kelompok, sampai pada presentasi siswa di kelas. Dengan demikian, siswa SMK akan termotivasi belajar matematika dan menguasainya dengan perasaan senang dan tidak ada paksaan. Model pernbelajaran matematika berorientasi pada vocational .skill yang dikembangkan, meliputi 4 aspek, yaitu : (l) melibatkan aspek psikomotorik, (2) materi (konsep) matematika terkait langsung dengan masalah kejuruan, (3) pembentukan konsepsi matematika siswa diperoleh melalui simulq! alat-.a.l1t kejuruan, dan (4) aplikasi atau terapan matematika yang dikerjakan S-rswa tidak verbal. Empat aspek tersebut, selanjutnya diterjemahkan dalam strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran kontekstual berbasis masalah kej uruan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk, yang proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Dalam penelitian ini yang dikembangkan berupa model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan instrumen-instrumen yang diperlukan. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Plomp, dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Adapun fase-fase pengembangaq model Plomp dalam penelitian ini adalah : (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. llt | en_US |
dc.description.sponsorship | HB-2009 | en_US |
dc.publisher | FKIP_09 | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.subject | Vocalio nal Skill | en_US |
dc.subject | Pendekatan Kontekstual | en_US |
dc.subject | Sekolah Menengah Kejuruan | en_US |
dc.title | Pengem bangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Vocalio nal Skill di SMK dengan Pendekatan Kontekstuat Berbasis Masalah Kejuruan | en_US |
Appears in Collections: | LRR-Hibah Bersaing |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.