Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/24076
Title: P E N I N G K A T A N H A S I L B E L A J A R S I S W A D A L A M M A T A P E L A J A R A N S E JA R A H M E L A L U I P E N E R A P A N M O D E L P E M B E L A JA R A N G E N I U S L E A R N I N G P A D A S I S W A K E L A S X I I P A 1 S M A N E G E R I R A M B I P U JI S E M E S T E R G E N A P T A H U N A J A R A N 2010/ 2011
Authors: F i n d y Wu l a n s a r i
Keywords: M A T A P E L A J A R A N S E JA R A H M E L A L U I P E N E R A P A N M O D E L P E M B E L A JA R A N G E N I U S L E A R N I N G
Issue Date: 25-Jan-2014
Series/Report no.: 050 210302002;
Abstract: Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri Rambipuji tergolong masih rendah dikarenakan mata pelajaran Sejarah dianggap kurang begitu penting dalam kehidupan sehari- hari dibandingkan denga mata pelajaran IPA. Sedangkan model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar mata pelajaran Sejarah cenderung konvensional dan kurang variatif. Hal tersebut semakin membuat mata pelajaran Sejarah kurang diminati oleh siswa. Keterbatasan waktu mengajar yang dimiliki oleh guru menyebabkan guru kesulitan merancang model pembelajaran ya ng aktif inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan akan tetapi lebih terfokus pada ketuntasan materi sehingga pembelajaran kurang variatif dan kurang bermakna bagi siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu memperbaiki hasil belajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Genius Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Genius Learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian kali ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Genius Learning, apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji semester genap 2010/2011. e n e l i t i a n i ni d i l a k s a n a ka n d i S M A N e g e r i R a m b i p uj i N e g e r i R a m b i p u j i . P e n e l i t i a n i ni m e nggun a ka n m e t o de pe n e l i t i a n t i nda ka n ke l a s de ng a n de s a i n H opk i ns y a ng be r be n t u k s p i r a l , m e l a l ui t i ga t a ha pa n s i k l u s y a ng m a s i ng m a s i ng s i k l u s t e r d i r i da r i ke gi a t a n pe r e n c a n a a n , t i nda ka n , obs e r v a s i d a n r e f l e k s i . S u b y e k pe n e l i t i a n a da l a h s i s w a ke l a s X I I P A 1 de ng a n j um l a h 33 s i s w a . U nt u k m e m p e r o l e h da t a da l a m pe n e l i t i a n i ni m e nggun a ka n m e t ode obs e r v a s i , w a w a n c a r a , t e s d a n dok um e n t a s i . H a s i l y a ng d i pe r o l e h da l a m pe n e l i t i a n i ni a da l a h pe n e r a pa n m ode l pe m be l a j a r a n G e n i us L e ar n i ng da pa t m e ni ng ka t ka n h a s i l be l a j a r s i s w a da l a m m a t a pe l a j a r a n s e j a r a h pa da ke l a s X I I P A 1 S M A N e g e r i R a m b i p uj i s e m e s t e r g e n a p t a hun a j a r a n 2010 / 2011 . H a l i ni t e r b u k t i pa d a s i k l us 1 r a t a r a t a h a s i l be l a j a r s i s w a m e ni ng ka t da r i 61,45 s e be l um d i a da ka nny a t i nda ka n m e nj a d i 64,39, pa da s i k l us 2 r a t a r a t a h a s i l be l a j a r s i s w a m e ni ngka t m e n j a d i 71,82, da n pa da s i k l us 3 m e ni ng ka t ke m ba l i m e nj a d i 77,27. S a r a n y a ng da pa t pe n e l i t i be r i ka n da r i h a s i l pe n e l i t i a n y a ng t e l a h d i l a k u ka n a da l a h: ( 1) B a gi p e n e l i t i l a i n, h a s i l pe n e l i t i a n i ni d i ha r a pka n da pa t d i j a d i ka n l a n da s a n un t u k p e n e l i t i a n s e l a nj u t ny a da l a m h a l pe ng e m ba ng a n m ode l pe m be l a j a r a n . ( 2) B a gi gu r u s e j a r a h , m od e l pe m be l a j a r a n G e ni us L e ar ni ng da pa t d i j a d i ka n a l t e r n a t i f m ode l pe m be l a j a r a n y a ng a ka n d i t e r a pka n da l a m pe m b e l a j a r a n s e j a r a h d i ke l a s gun a m e ni ng ka t ka n h a s i l be l a j a r s i s w a . ( 3) B a gi l e m b a g a pe n d i d i ka n , h a s i l pe n e l i t i a n i ni da pa t d i gun a ka n s e ba g a i ba h a n m a s uka n y a ng be r gun a ba gi pe ni ngka t a n m ut u pe n d i d i ka n .
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24076
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhubA (170)x_1.pdf325.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools