Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/24067
Title: | P EN ERAPA N M ET ODE RO LE P LAYING (BERMAIN PE RAN ) UNT UK M EN GURA NGI K ESA LA HAN SISW A DAL AM M EN YE LE SAI K AN SOAL P ADA M AT ER I ARI TMET I K A SOS I AL K EL AS VII A SM P NEGE RI 1 SU K OWONO SEMESTE R GANJI L TA HUN AJAR AN 2012/2013 |
Authors: | ZI ADA T US S HA’ADHA H |
Keywords: | M ET ODE RO LE P LAYING (BERMAIN PE RAN ) UNT UK M EN GURA NGI K ESA LA HAN SISW A DAL AM M EN YE LE SAI K AN SOAL P ADA M AT ER I ARI TMET I K A |
Issue Date: | 25-Jan-2014 |
Series/Report no.: | 080210191026; |
Abstract: | Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja teratur dan berencana dengan maksud mengubah dan mengembangkan perilaku yang diinginkan. Tujuan pendidikan akan terwujud apabila proses pengajaran berjalan dengan baik. Dalam hal ini, peran guru sangatlah penting dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam proses pembelajaran matematika salah satunya pada materi aritmetika sosial, siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pemahaman konsep, proses berpikir untuk menganalisa soal sampai dengan cara memecahkannya. Salah satu kemungkinan lain yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan siswa adalah pendekatan, model atau metode pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai. Kenyataan tersebut juga terjadi pada pembelajaran di SMP N 1 Sukowono proses pembelajaran hanya bersifat searah atau dengan metode ceramah. Hal ini di duga menyebabkan tingginya persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya siswa kelas VIIA SMP N 1 Sukowono pada materi aritmetika sosial. Pada penelitian ini diterapkan metode Role Playing (Bermain Peran) dengan tujuan: (1) mendeskripsikan penerapan metode role playing (bermain peran)untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal, (2) mendeskripsikan aktifitas siswa pada saat penerapan metode role playing, (3)mendeskripsikan penurunan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal setelah penerapan metode role playing. ubjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sukowono. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes di akhir siklus pada akhir pembelajaran ke dua. Siklus I dilaksanakan tanggal 21 November 2012 dan 22 November 2012. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 28 November 2012 dan 29 November 2012. Penerapan metode pembelajaran Role Playing untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi aritmetika sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sukowono kelas VII A semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 berdasarkan dari siklus I dan siklus II berjalan dengan baik dan lancar. Dari siklus I aktifitas siswa dalam menyesuaikan diri (masih malu-malu atau kurang percaya diri, masih banyak siswa gaduh dalam kelas, dan dalam bermain peran masih kurang dapat memahami karakter perannya) pada siklus II sudah mengalami peningkatan (siswa sudah mulai percaya diri, siswa yang gaduh dalam kelas mulai berkurang, dan dalam bermain peran siswa sudah dapat memahami karakter peran yang akan diperagakan). Hal ini dapat dilihat pada siklus II siswa sangat senang dan sangat antusias dalam pembelajaran ini, siswa mampu memerankan naskah Role Playing dengan baik dan siswa yang lainnya seksama untuk mengamati temannya di depan kelas, sehingga mendapatkan hal-hal apa saja yang dapat digunakan dalam menyelesaikan LKS yang diberikan guru. Aktivitastersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa akan materi aritmetika sosial sehingga dapat mengurangi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Kendala dari penerapan metode role playing ini adalah kepercayaan diri siswa dan penghayatan karakter dalam bermain peran cenderung kurang, terutama pada awal pembelajaran tapi setelah dibimbing kendala yang ada sudah mulai berkurang Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa, hal ini dapat diketahui berdasarkan persentase yang telah di dapatkan yaitu aktifitas siswa dalam mengerjakan tugas dengan berdiskusi kelompok pada pembelajaran 1 adalah 67,54% , pem b e l a j ara n 2 ada l a h 82,45% , pe m b e l a jara 3 ada l a h 84,21% , pe m b e l a j ara n 4 ada l a h 87,72% ; akt i fi t as m e n ger j aka n LK S s e suai de n ga n l a ngka h l a n gk a h pada pe m b e l a j ara n 1 ada l a h 66, 67%, pe m b e l a j ara n 2 ada l a h 76, 31%, pe m b e l a j ara n 3 ada l a h 78,95% , pe m b e l a j ara n 4 ada l a h 85,09% ; akt i f i t a s peran akt i f s i sw a da l a m keg i at an Rol e P laying pada pe m b e l a j ara n 1 ada lah 60,53% , pem b e l a j ara n 2 ada l a h 64,04% , pem b e l a j ara n 3 ad a l a h 68, 42%, pe m be l a j ara n 4 ada l a h 72,80% ; akt i fi t a s b erd i sku s i a n t ara s i sw a de n g a n guru/t em a n pad a pe m be l a j ara n 1 ada l a h 42, 11%, pe m b e l a j ara n 2 ada l a h 55, 26%, pe m b e l a j ara n 3 ada l a h 58, 77%, pe m b e l a j ara n 4 ada l a h 62,23% ; d a n akt i fi t as b ert any a a n t ara s i swa de n ga n guru/t em a n pad a pe m b e l a j ara n 1 ada l a h 37,72% , pe m b e l a j ara n 2 a da l a h 43,86% , pada pe m be l a j ara n 3 ada l a h 45, 61%, p e m b e l a j ara n 4 ad a l a h 48,25% . An a li s i s h a s il o bse rvas i akt i fi t as guru j uga m e nu nj ukk a n ada ny a pe ni ngkat an y a i t u p ada pe m be l a j ara n 1 ada l a h 90%, pe m b e l a j ara n 2 ada l a h 93, 33%, pe m b e l a j ara n 3 ada l a h 96, 67%, pe m b e l a j ara n 4 ada l a h 96, 67%. . Pada s i k l u s I perse n t as e kesa l a h a n s i s wa y a n g d i pero l e h ada l a h pad a kes a l a h a n pe n a f s i ra n b a has a 32,24% , kes a l a h a n d e f i n i s i /t eo rem a 42,11% , kes a l a h a n pen ggu n a a n dat a 55, 26 %, dan kes a l a h a n t ekni k 58, 55%. Sedan gka n pada s i k l us II perse n t as e se cara k l asi ka l y a n g d i pero l e h ada l a h pada ke sal a h a n pe na f s i ra n b a h asa 24,34% , kes a l a h a n d e f i n i s i /t eo rem a 28, 89%, kesa l ah a n pe n ggu n aa n dat a 32, 24%, dan kes a l a h a n t ekni k ada l a h 41, 44% . |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24067 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
gdlhubA (211)x_1.pdf | 371.07 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools