Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/23055
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ABD. HARIS YANUAR | - |
dc.date.accessioned | 2014-01-24T01:38:25Z | - |
dc.date.available | 2014-01-24T01:38:25Z | - |
dc.date.issued | 2014-01-24 | - |
dc.identifier.nim | NIM080210274050 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23055 | - |
dc.description.abstract | Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran, teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: Penelitian ini dilaksakan di SDN Argosari 02 Kec. Senduro Kab. Lumajang yang terdiri dari 14 siswa, 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran adalah; pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria aktif sebesar 63%; siklus II sebesar 74%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa pada siklus I ketuntasannya hanya mencapai 57%, dan pada siklus kedua ketuntasannya mencapai terdapat 100% siswa mencapai nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasial adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kombinasi metode eksperimen dalam pembelajaran kelompok dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SDN Argosari 02 kecamatan senduro kabupaten lumajang dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang . | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210274050; | - |
dc.subject | METODE EKSPERIMEN | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar, Metode eksperimen, Pembelajaran Kelompok | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN 2010/2011 SDN ARGOSARI 02 SENDURO LUMAJANG | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Unlock-fkip-Unlock-gdlhub-gdl-abdharisya-5581-1-abd.har-r_1.pdf | 238.82 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools