Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22839
Title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011-2012 DENGAN STRATEGI MENGAJAR LATIHAN/DRILL DI SDN JERUK SOKSOK 1 KECAMATAN BINAKAL KABUPATEN BONDOWOSO
Authors: ALEK DODI ISKANDAR
Keywords: Hasil Belajar, Strategi Mengajar, Metode Latihan/ Drill
Issue Date: 24-Jan-2014
Series/Report no.: 100210274077;
Abstract: Kenyataan di lapangan khususnya di SDN Jeruk Soksok 1 Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso menunjukkan bahwa, hasil nilai mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kelas IV semester I menunjukkan hasil dalam kriteria kurang baik, dimana dilihat dari hasil penilaian proses rata-rata 50, nilai tes tulis rata-rata 50, dan penilaian ketuntasan belajar rata-ratanya sebesar 50. Masalah ini di sebabkan karena (1) strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, (2) materi yang di ajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, sehingga dalam mengajar guru masih menggunakan teks book, (3) kegiatan pembelajaran belum dirancang sistematis, (4) pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya di jawab oleh beberapa siswa saja, (5) dalam membentuk kelompok siswa masih memilih sendiri sehingga tidak heterogen dan menyebabkan kelompok tertentu yang aktif, (6) siswa masih mengerjakan sendiri tugas yang di berikan oleh guru sehingga siswa yang lain kurang merasa tanggung jawab dan terlibat dalam kelompoknya. Salah satu teknik penyajian pelajaran untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah teknik latihan atau drill, ialah suatu teknik yang dapat diartikan suatu cara mengajar dimana siswa dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Latihan yang praktis, mudah dilakukan, serta teratur pelaksanaannya membina anak dalam meningkatkan penguasaan dalam keterampilan itu, bahkan mungkin siswa dapat memiliki ketangkasan itu dengan sempurna. Hal ini menunjang siswa berprestasi dalam bidang tertentu, misalnya mengenal alat-alat informasi dan komunikasi dan mengenal simbol-simbol didalam sebuah peta.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22839
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub (243)x_1.pdf562.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools