Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22769
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN MOJO 02 KECAMATAN PADANG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Authors: AGUSTIN KURNIASIH
Keywords: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA
Issue Date: 23-Jan-2014
Series/Report no.: 080210204279;
Abstract: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Mojo 02, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, penggunaan media dan alat peraga yang kurang menarik, serta pembelajaran IPA yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata IPA yaitu melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)?; (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alatalat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)?
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22769
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (284)k_1fkip.pdf492.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools