Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22154
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | W I W I K K U N T A R I | - |
dc.date.accessioned | 2014-01-23T05:10:46Z | - |
dc.date.available | 2014-01-23T05:10:46Z | - |
dc.date.issued | 2014-01-23 | - |
dc.identifier.nim | NIM060210274032 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22154 | - |
dc.description.abstract | Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 5.2 Saran Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 5.2 Saran Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 1. Perlunya ketelitian supervisor dalam menilai observasi. 2. mengubah cara permainan kartu | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 060210274032; | - |
dc.subject | KONSEP BAGIAN-BAGIAN RANGKA MANUSIA | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SUB KONSEP BAGIAN-BAGIAN RANGKA MANUSIA MELALUI PERMAINAN KARTU DI KELAS IV SDN MAESAN 01 BONDOWOSO | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Social and Political Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
S (15)s_1.pdf | 258.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools