Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22144
Title: | Penerapan Teknik Pembelajaran Mind Mapping Dengan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Rambipuji |
Authors: | Malihur Rohma |
Keywords: | Mind Mapping Ceramah |
Issue Date: | 23-Jan-2014 |
Series/Report no.: | 070210191143; |
Abstract: | Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pembelajaran teknik mind mapping, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan teknik pembelajaran mind mapping pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rambipuji semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dimulai pada tanggal 3 sampai 16 Desember 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka desain penelitian yang dikembangkan meliputi pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jika pada tahap refleksi hasil yang diperoleh belum tercapai seperti yang diinginkan maka dilanjutkan siklus kedua dan seterusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa , hasil wawancara, dan hasil tes.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali tatap muka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa pada siklus 1 untuk poin mendengarkan penjelasan guru, bertanya dan menjawab pertayaan mencapai 70,71% dan pada pembelajaran siklus 2 poin tersebut mengalami peningkatan yaitu menjadi 79,10%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 77,14% . Dan pada siklus 2 ketuntasan hasil siswa secara klasikal mencapai 88,57% Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik peta pikiran berjalan dengan baik dan teknik peta pikiran dapat digunakan sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan teknik peta pikiran untuk siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dan dapat dikategorikan sangat aktif dalam pembelajaran. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran teknik peta pikiran |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22144 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Unlock-fkip-gdlhub-gdl-malihurroh-7843-1-malihur-a_1.pdf | 200.4 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools