Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/2144
Title: HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT INAP RSD dr. SOEBANDI JEMBER
Authors: Nur Fahita
Keywords: HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT INAP
Issue Date: 2-Dec-2013
Series/Report no.: 082110101021;
Abstract: Upaya pemenuhan kebutuhan dan harapan pelanggan dapat menciptakan peningkatan jumlah pemanfaatan pelayanan bahkan pelanggan yang loyal, sehingga pihak penyedia pelayanan termasuk rumah sakit merasa penting untuk melakukan pemasaran. Untuk mengetahui jumlah pemanfaatan pelayanan di rumah sakit, salah satunya dengan menggunakan indikator BOR (Bed Occupancy Rate). Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember merupakan rumah sakit kelas B pendidikan milik pemerintah Kabupaten Jember yang telah terakreditasi 16 pelayanan, namun dalam kenyataannya indikator BOR dalam tiga tahun terakhir belum dapat mencapai standar ideal yang ditetapkan oleh Johnson (1976) maupun Muninjaya (2004) yaitu sebesar 75-85%. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya tingkat pemanfaatan pelayanan kesehatan di instalasi rawat inap RSD dr. Soebandi Jember. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara bauran pemasaran yang terdiri dari promosi, harga, proses, orang, dan bukti fisik dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap RSD dr. Soebandi Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2144
Appears in Collections:UT-Faculty of Public Health

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Fahita_1.pdf597.22 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools