Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21366
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | F r e ty Lu tvian a S ap u tr i | - |
dc.date.accessioned | 2014-01-22T22:22:32Z | - |
dc.date.available | 2014-01-22T22:22:32Z | - |
dc.date.issued | 2014-01-22 | - |
dc.identifier.nim | NIM080210192044 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21366 | - |
dc.description.abstract | F is ika mer up a ka n c a b a n g d a ri I lm u P e n g e tahu a n Ala m ( I P A ) a t a u sa in s y a n g l a hir da n be rke mbang mel a lui lang k a h lang k a h obse rva si, p e rumusa n mas a lah, pe n y usuna n hi potesis mela lui e ksper im e n, pe na rika n ke sim pula n, se rta pe ne muan teo ri konse p. P e mbela jar a n fisika y a ng b a ik se ha rusn y a ti da k ha n y a se ke da r m e n g ha f a l, mela inkan lebih mene ka nka n pa da pr oses te rbe ntukn y a suatu pe nge tahua n da n p e n gua sa a n sis w a ter h a da p konse p se hin g g a sis wa bisa mempe role h p e n g e tahu a n de n g a n pe r a n a kti fn y a se lama k e g iata n ha f a lan kura n g se suai de n g a n ha kikat p e mbela jar a n fisika y a n g meliput i a da n y a pr os e s, pr oduk da n sikap il mi a h. P e ng e t a hua n fisika ter diri a tas ba n y a k konse p da n pr ins ip y a n g pa da um umn y a sa n ga t a b stra k. Ke suli tan y a n g dihada pi oleh se b a g ian b e sa r sis wa a da lah da lam men g int e r pr e tasi be r ba ga i konse p da n pr insi p fisika, se ba b mer e ka dit untut ha rus mampu meng int e rp re tasi pe n ge ta hua n fisika ter se but se c a ra tep a t da n ti da k sa ma r sa m a r a t a u ti da k mendu a a rti. S e l a ma ini pr oses be laja r m e nga jar fisika ha n y a m e n g ha f a lkan fa kta, pr insi p a tau teor i sa ja, d a n ju g a sis wa lebih ba n y a k mempe laj a ra i s ua tu konse p de n g a n c a ra mende n ga r info rma s i tanpa diser tai de n g a n mela ku ka n se ndiri. B e rda sa rka n a las a n di a tas maka pe rlu dit e ra pka n suatu model pe mbela jar a n y a n g melibatka n sis wa se c a r a a kti f da lam ke g i a tan p e mbela jar a n untuk mene mukan a tau mene r a pka n se ndiri id e iden y a . Ada pun model pe mb e laja ra n y a n g dit e r a pka n y a it u p e mbela ja ra n b e rba sis masa lah be ro r ienta si kete ra mpi lan pr oses. Tujua n da ri p e ne li ti a n i ni a da lah : (1 ) men g k a j i pe nga ruh p e mbela ja ra n be rba sis masa lah b e ror i e ntasi ke ter a mpi lan pr os e s ter ha da p h a sil be laja r sis wa da lam pe mbela ja ra n fisika di S MP ; da n (2 ) mend e skripsi ka n ke te ra mpi lan pr oses sa ins sis wa se lama pe mbela jar a n de n ga n men gg unka n p e mbela jar a n be rba sis masa lah be ro rie ntai ke te r a mpi lan pr oses da lam pe mbela jar a n fisika di S MP . J e nis pe ne li t ian ini a da lah quasi e k sperime nt de ng a n teknik trian gg ula s i da ta. Te mpat pe ne li ti a n dil a ksana ka n di S MP Ne g e ri 1 Ta n gg ul. R e sponde n pe ne li ti a n dit e ntukan s e tela h dil a kuka n uji h omog e nit a s . P e n e ntuan sa mpel pe ne li ti a n men gg un a k a n purposi v e sa mpling . De sa in p e ne li ti a n men gg una k a n de sa in one group p re test p ost test . Da lam pe ne li ti a n ini ter da pa t ti ga k e las e kpe rimen y a n g men e ri ma pe mbela jar a n y a n g s a ma. Metode pe n g umpu lan da ta da lam pe ne li ti a n ini a da l a h obser v a si, wa w a nc a ra , tes, da n dokumenta si. Te knik a na li sis da ta men gg una ka n uji t tw o tai l dua pihak untuk menja wa b rumusa n masa lah y a n g p e rta ma, da n untuk menja wa b rumusa n ma sa lah y a n g ke du a mengg un a ka n p er se ntase ke ter a mpi lan pr os e s sain s si swa . Ha sil a na li sis da ta d e n g a n uji t di pe role h nil a i t pa da masin g masin g ke las e skp e rimen y a it u , ke las V II A t h i t u n g vii i h i t u n g se be sa r 25.397 d e n g a n db = 40 , ke las V I I B t h i t u n g s e be sa r 28.67, da n ke las V II C t se be s a r 14.627 de n g a n db= 41 pa da tar a f si g nifika nsi 5 % nil a i t h i t u n g > t t a b e l h i t u n g , maka hipot e sis nihi l (H ) dit olak , be ra rti hipot e sis a lt e rna t if (H ) dit e rima. Ha sil a na li sis ra ta ra ta ke te ra mpi lan pr o se s sis wa untuk se ti a p indi k a tor ke ter a mpi lan pr oses sa ins se be sa r 8 9,27% , 99%, 85,90% , 84,47% , 74,07% da n 95,80 % . Ke ter a mpi lan p rose s s a ins y a n g ter ti ngg i a da lah men c a t a t ha sil pe ng a mata n se da ng k a n y a n g ter e nd a h a da lah men y im pulkan. Ha sil a na li sis ke ter a mpi la n pr oses sa ins sis wa diper oleh ha sil ra ta r a ta k e las V II A, V II B , d a n V II C s e be sa r 89 ,53% , 89,38% , d a n 85,3 2% da n ter masuk da lam kr it e ria ba ik. a B e rd a sa rk a n ha a sil a na l isi s da ta , maka k e sim pulan da ri pe n e li ti a n ini a da lah: (1) Ada p e n g a ru h pe ngg un a a n pe mbe laj a ra n be rb a sis masa lah be r or ienta si ke ter a mpi lan pr oses ter h a da p ha sil be laja r sis wa ke las V II d a lam pe mbe laja ra n fisika di S M P Ne g e ri 1 Ta ngg ul tahun a jar a n 2012/2013 ; (2) k e ter a mpi lan pr oses sa ins sis wa ke las V II S MP Ne g e ri 1 T a n gg u l se lama pe mbela ja ra n de nga n mengg un a ka n p e mbela ja ra n b e rba sis m a sa lah b e ror ienta si ke ter a mpi lan pr oses untuk s e ti a p indi ka tor da pa t di g olon g ka n d a lam k riter ia ba ik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210192044; | - |
dc.subject | P EM BELA J A R A N, K ETER A M P I LA N | en_US |
dc.title | P EM BELA J A R A N BER BA SI S M A SA LA H BER OR I EN TA SI K ETER A M P I LA N PROSES P A D A P EM BELA J A R A N F I SI KA D I SM P | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
gdlhub (52)a_1.pdf | 553.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools