Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21183
Title: KARAKTERISTIK CAMPURAN ASHPALT CONCRETE BINDER COARSE (AC-BC) DENGAN MENGGUNAKAN BATU KAPUR JEMBER SEBAGAI AGREGAT KASAR
Authors: Lakshita Anggraeni
Keywords: Karakteristik Penggunaan Batu Kapur Puger sebagai Agregat Kasar
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 091910301036;
Abstract: Kabupaten Jember mempunyai daerah perbukitan yang menghasilkan batu kapur. Tepatnya di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger yang mempunyai areal seluas 183 Ha dengan tambang batu berupa gamping kualitas putih super yang mempunyai deposit 475.800.000 ton. Pengoptimalan sumber daya alam ini akan sangat membantu ekonomi masyarakat sekitar, sehigga ekonomi masyarakat dapat meningkat. Pada penelitian ini, menggunakan lapisan aus AC-BC yang berguna sebagai lapis antara yang menahan beban maksimum akibat beban lalu lintas. Selain itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam batu kapur di daerah Jember yang memiliki ketersediaan deposit dalam jumlah besar. Penggunaan BGA pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas campuran berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Pada pembuatan aspal, lapis aspal beton atau aston dimaksudkan untuk mendapat suatu lapisan permukaan atau lapis antara pada perkerasan jalan raya yang mampu memberikan sumbangan daya dukung yang terukur serta berfungsi sebagai lapisan kedap air yang dapat melindungi konstruksi bagian bawah agar tidak rusak dan memiliki umur pemakaian yang lebih panjang. Karakteristik Marshall sendiri adalah alat tekan yang memiliki proving ring (cincin penguji) dan juga flow meter. Proving ring digunakan untuk mengukur nilai stabilitas, dan flow meter digunakan untuk mengukur kelelehan (Silvia Sukirman, 2003:102). Parameter yang diuji dalam pengujian ini adalah stabilitas, kelelehan (flow), dan Marshall Quotient (MQ). Selain itu parameter lain yang di uji adalah (VMA) Void in Mineral Agregat, (VIM) Void in Mix, (VFA) Void Filled Asphalt, dan kepadatan (Density) (Departemen Pekerjaan Umum, 1999 : 27-32). viii Pada laston lapis pengikat atau lapisan perkerasan yang terletak di lapisan aus AC-WC merupakan lapisan AC-BC. Lapisan ini tidak langsung berhubungan dengan cuaca . Lapisan tersebut merupakan salah satu bagian lapisan perkerasan yang berfungsi sebagai lapis antara penahan beban maksimum akibat lalu lintas. Sifat dari lapisan AC-BC adalah a. Dapat menerima beban yang diberikan pada roda dan langsung menyebarkan beban tersebut secara merata pada lapisan bawah jalan. a. Memiliki ketebalan minimum 5 mm. Selah didapatkan nilai kadar variasi batu kapur untuk campuran AC-BC, maka langkah selanjutnya dibuat 5 benda uji untuk masing masing variasi.Masing masing variasi diambil rata rata Dari hasil penelitian yang telah disampaikan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: a. Karakteristik Marshall yang didapatkan dari campuran AC-BC yang telah diuji dengan variasi kadar batu kapur yang disyaratkan yaitu pada kadar kapur 0,5%. Namun pada kadar batu kapur -1%, -0,5%, 0% dan 1% nilai VIM dan Flow tidak memenuhi
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21183
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (54)_1.pdf825.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools