Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20731
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ne ni R e s t i a na | - |
dc.date.accessioned | 2014-01-22T04:35:34Z | - |
dc.date.available | 2014-01-22T04:35:34Z | - |
dc.date.issued | 2014-01-22 | - |
dc.identifier.nim | NIM080210191024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20731 | - |
dc.description.abstract | RI NG K AS AN “Pe n e r ap an M od e l P e m b e l aj ar an K oop e r t i f T i p e CI RC S a l a h s a t u ke nd a l a ut a m a pe m be l a j a r a n di s e kol a h a da l a h kur a ng a nt us i a s n y a s i s wa unt uk be l a j a r . S i s wa c e nde r ung m e ne r i m a a pa y a ng di s a m pa i ka n ol e h gur u, di a m , da n e ngga n m e nge m uka ka n pe r t a n y a a n a t a u pe nda pa t . Gur u c e nde r ung m e ngguna ka n m e t od e e k s pos i t or i da l a m pe m be l a j a r a n. M e t ode e ks po s i t or i di a ngga p s e ba ga i m e t od e y a ng pa l i n g e f e kt i f d a l a m pe m b e l a j a r a n. B e r da s a r ka n ha s i l obs e r va s i di ke t a hui ba hwa pe m be l a j a r a n t e r s e but m e n y e b a bka n a kt i vi t a s s i s wa m e nj a di pa s i f , m a l a s be l a j a r da n m unc u l r a s a bos a n da l a m di r i s i s wa . Ha l i ni l a h y a ng m e n y e b a bka n r e nda hn y a h a s i l be l a j a r s i s wa ke l a s V I I C S M P Ne ge r i 5 J e m be r . M ode l pe m be l a j a r a n k oop e r a t i f t i pe C I R C m e r upa ka n s e bua h pr o gr a m kom pe r he ns i f unt uk m e nga j a r i m e m ba c a , m e nul i s , da n s e ni ba ha s a di s e kol a h da s a r da n s e kol a h m e n e nga h . P e ne r a p a n m ode l pe m be l a j a r a n koop e r a t i f t i pe C I R C m e r upa ka n pe m b e l a j a r a n y a ng m e m a duk a n f a s e f a s e pe m be l a j a r a n ko ope r a t i f de nga n uns ur uns ur y a ng a d a pa da C I R C m e l a l ui t a ha pa n t a h a pa n pe m b e l a j a r a n y a i t u ke l om pok a t a u t i m , pe m be r i a n w a c a na , k e gi a t a n ke gi a t a n y a ng be r hubun ga n de ng a n wa c a n a y a i t u m e m ba c a be r pa s a ng a n, m e ngi de nt i f i ka s i , da n m e ne m uka n ka t a kunc i , pe m e r i ks a a n p a s a nga n, p r e s e nt a s i ke l om pok, m e m bua t ke s i m pul a n, da n t e s . Tuj ua n da r i pe ne l i t i a n i ni a da l a h unt uk m e ndi s kr i ps i ka n pe ne r a p a n m ode l pe m be l a j a r a n koope r a t i f t i pe C I R C , m e nga n a l i s i s a kt i vi t a s s i s wa da n ke t un t a s a n ha s i l be l a j a r s i s wa s e t e l a h pe l a ks a na a n p e m b e l a j a r a n m e ngguna ka n m ode l pe m be l a j a r a n koope r a t i f t i pe C I R C pa da pokok ba ha s a n a r i t m a t i ka s os i a l s i s wa ke l a s V I I C S M P Ne ge r i 5 J e m be r t a hun a j a r a n 2012/ 2013 . vi i i Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar 77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar 94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada pembelajaran II sebesar 93.51%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79% sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan siklus. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosial | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210191024; | - |
dc.subject | P e m b e l aj ar an K oop e r t i f T i p e CI RC | en_US |
dc.title | Pe n e r ap an M od e l P e m b e l aj ar an K oop e r t i f T i p e CI RC | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
162_1-s.pdf | 565.18 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools