Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20574
Title: MPLEMENTASI PROGRAM ALUR MAGANG SEBAGAI USAHA PENINGKATAN CAPACITY BUILDING
Authors: Arman Dhani Bustomi
Keywords: Implementasi Program, Peningkatan Kapasitas, LPME Ecpose
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 050910301207;
Abstract: Unit Kegiatan Mahasiswa adalah suatu badan yang dibentuk oleh mahasiswa yang bertujuan mengembangkan minat, bakat serta kemampuan mahasiswa sebagai penunjang kelangsungan kesejahteraannya. Tetapi pemanfaatannya kurang maksimal. Berdasarkan data dari kemahasiswaan rektorat Universitas Jember misalnya, jumlah anggota UKM dan jumlah mahasiswa yang aktif sangat jauh timpang. Tercatat hanya 10% atau sekitar 2.800an dari 28.000 mahasiswa yang aktif dalam keanggotaan UKM. Meski sebenarnya banyak sekali manfaat dan kegunaan saat aktif dalam keanggotaan suatu organisasi. Pengembangan kemampuan diri dan peningkatan kapasitas. Selain itu UKM bisa juga digunakan sebagai sarana pengembangan dan pembinaan mahasiswa, yaitu usaha yang dilakukan secara sadar, berencana, teratur dan terarah dan bertanggung jawab untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa guna mencapai tujuan tertentu. Dan tentu saja hal ini tidak terlepas dari perkembangan sub-sistem pendidikan tinggi. Di Universitas Jember tepatnya pada Fakultas Ekonomi terdapat Lembaga Pers Mahasiswa yang berusaha memanfaatkan UKM sebagai ajang pemberdayaan. Melalui Program Alur Magang mereka bertujuan untuk memberikan pemahaman awal tentang kejurnalistikan dasar, wacana ekonomi, politik, dan filsafat kepada mahasiswa yang hendak mengikuti UKM jurnalistik. Program ini biasanya dilakukan pada masa awal magang keganggotaan. Setelah itu akan dilakukan praktik di lapangan untuk menilai seberapa besar pemahaman mereka terhadap materi-materi yang diberikan. Program ini bisa dikatakan sebagai suatu usaha kesejahteraan sosial. Sesuai dengan Undang-Undang No 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. Dimana semua usaha, upaya, progam dan kegiatan yang ditujuan untuk mewujudkan, membina, memelihara dan memulihkan dan mengembangkan kesejahteraan sosial. Penulis memilih teknik penelitian kualitatif karena secara umum, penulis berusaha untuk tidak memanipulasi situs (setting) penelitian atau melakukan intervensi terhadap aktivitas subjek penelitian dengan memberikan treatment (perlakuan) tertentu. Melainkan berusaha untuk memahamui fenomena yang dirasakan subjek sebagaimana adanya (Idrus: 2007. Hal 34 ). Dimana sifat penelitiannya adalah studi kasus deskriptif. Bogdan (1990) dalam Idrus (2007. Hal 41) mengatakan bahwa studi kasus sebagai kajian yang rinci atas satu latar atau satu peristiwa tertentu. Sehingga penelitian yang berdasarkan studi kasus akan selalu unik dan berbeda dengan yang lainnya. Sedangkan deskriptif artinya adalah penggambaran secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti. Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa Alur Magang LPME Ecpose ialah program “prakondisi” bagi para anggota baru untuk mengetahui seluk beluk lembaga. Menyiapkan anggota baru untuk siap dalam bekerja di LPM dan bagaimana kerja redaksi. Kemudian juga untuk menghindari ketika langsung menjadi pengurus mereka banyak yang belum paham tentang materi kejurnalistikan. Selain itu alur magang juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar persiapan pengembangan anggota, jadi LPM mempunyai standarisasi bagi anggotanya dan peserta minimal mengetahui dasar-dasar informasi dan pengetahuan jurnalistik untuk kelak menjadi anggota inti. Implementasi program alur magang juga melatih pengurus untuk menghadapi para anggota magang dengan cara yang unik. Masing-masing dari mereka mencari problem solving dari masalah yang ada. Sehingga dalam program ini baik peserta alur magang maupun pengurus sama-sama memperoleh manfaat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20574
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arman Dhani Bustomi - 050910301207_1.pdf480.06 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools