Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20278
Title: STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE CERAMAH DAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Authors: Ana Yunia Rita
Keywords: Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 010210301187;
Abstract: Metode pembelajaran kooperatif menurut Lie (2005:8), merupakan suatu alternatif menarik dalam memecahkan beberapa masalah yang dihadapi, dalam upaya mengaktifkan siswa dalam belajar. Salah satu metode kooperatif paling sederhana adalah STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa yang antara kelas yang diajar menggunakan metode STAD dan kelas yang diajar dengan metode ceramah pada pokok bahasan permintaan, (2) melihat seberapa besar efektifitas penggunaaan metode STAD pada pokok bahasan permintaan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB dan VIIID semester ganjil di SMP Negeri 1 Ambulu tahun ajaran 2007-2008. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan Uji t dan Uji efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan metode STAD dan metode ceramah. Besar efektivitas relatif dari penggunaan metode STAD terhadap hasil belajar tergolong efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan penggunaan metode ceramah tergolong cukup efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20278
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A (159)X_1.pdf64.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools