Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20220
Title: PERANAN ROOM BOY DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS KAMAR DI HOTEL SAHID SURABAYA
Authors: Merdy Oprasianto
Keywords: Room Boy, Kualitas Kamar Di Hotel Sahid Surabaya
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 100903102010;
Abstract: Berhubungan dengan judul yang saya ambil didalam laporan praktek kerja nyata ini bersangkutan dengan peranan room boy dalam menjaga kualitas kamar yang ada pada hotel Sahid Surabaya. Setiap hari kamar hotel selalu penuh dan banyak tamu yang menginap di hotel ini dengan tujuan yang bermacam – macam dan ada pula tamu hotel yang sudah berulang kali menginap di hotel ini. Dalam membersihkan kamar seorang room boy pada hotel Sahid Surabaya harus memperhatikan prosedur yang telah di tetapkan agar pada saat room boy melakukan suatu kegiatan membersihkan kamar tidak terjadi suatu kesalahan dan kekurangan dalam memenuhi tanggung jawab sebagai room boy. Persiapan dan kesiapan seorang room boy harus diperhatikan sebelum melakukan suatu kegiatan dalam membersihkan kamar. Alasan saya mengapa mengambil tempat praktek kerja nyata ini di hotel Sahid Surabaya karena kualitas dan pelayanan yang dimiliki oleh hotel ini sangat baik. Dari hal tersebut saya ingin mengetahui bagaimana cara hotel sahid memberikan pelayanan yang baik terhadap tamu yang menginap di hotel tersebut. Dalam mempertahankan kualitas kamar room boy harus melakukan sebuah kegiatan pelayanan kamar tamu hotel. Dalan menjaga mutu pelayanan, dari pihak hotel selalu memberikan arahan kepada para karyawan hotel agar selalu memperhatikan segala sesuatu yang harus di kerjakan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang telah di tetapkan pada hotel Sahid Surabaya. Selama pelaksanaan praktek kerja nyata penulis sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan magang bertugas layaknya pegawai di Hotel Sahid Surabaya tersebut. Dengan dibantu oleh pegawai – pegawai lain yang memang benar – benar mampu untuk mendidik para siswa atau mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja nyata. Dengan waktu yang relatif singkat hanya selama 10 minggu, penulis gunakan waktu singkat tersebut dengan sebaik mungkin. Dalam proses kegiatan praktek kerja nyata ini penulis tidak hanya bekerja pada satu bagian atau departmen saja tetapi secara bergantian pada beberapa departmen yang ada di Hotel Sahid Surabaya. Hal ini dilakukan agar penulis dapat mengetahui segala kegiatan dari setiap departmen. Adapun departmen – departmen yang penulis jadikan sebagai tempat kegiatan praktek kerja nyata tersebut yaitu bagian Tata Graha atau Housekeeping, dan Banquet. Pada bagianBanquet penulis bekerja sebagai waiter atau pelayan selama 1,5 bulan. Kemudian penulis bekerja sebagai roomboy pada bagian Tata Graha atau Housekeeping. Setiap pergantian departmen maka jadwal masuk kerja pun ikut berubah mengikuti waktu kerja departmen yang diikuti.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20220
Appears in Collections:DP-Travel Agent

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Merdy Oprasianto - 100903102010_1.pdf381.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.