Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19983
Title: Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Metode Ekspositori dan Metode Inquiry pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas II Semester 2 SMP Negeri 9 Jember Tahun Ajaran 2005/2006,
Authors: Emmy Hernawati S
Keywords: Metode Ekspositori
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 010210101062;
Abstract: Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru. Guru yang dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, dapat mendorong siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, aktivitas siswa serta mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pola random terhadap subjek. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 16 Mei sampai 30 Mei 2006, di SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dengan responden penelitian yaitu siswa kelas IID dan kelas IIC. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisa data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji perbedaan aktivitas siswa dan uji perbedaan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode inquiry lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ix terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry . Saran yang dapat diberikan adalah: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri prinsip atau konsep yang baru; (2) penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda, misalkan melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan membedakan prestasi siswa yaitu tinggi, cukup dan rendah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19983
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
emmyhernaw-2462-emmyher-y_1.pdf89.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools