Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19808
Title: HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME PEGAWAI DENGAN KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN KTP DAN KK DI KANTOR KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI
Authors: Irvan Kurniawan
Keywords: Profesionalisme Pegawai, Kualitas Pelayanan, KTP Dan KK
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 070910201106;
Abstract: Dalam sebuah organisasi khususnya organisasi yang digerakkan oleh instansi pemerintahan seharusnya terwujud sikap profesionalisme dari setiap lini pegawainya, dengan demikian tentu akan terwujud suatu kualitas pelayanan yang baik, melebihi standar pelayanan yang telah ada. Suatu organisasi pemerintah dikatakan baik maupun tidaknya tergantung dari pegawai atau SDM yang mengelola didalamnya, maka dengan adanya peningkatan profesionalisme pegawai diharapkan organisasi tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik ataupun berkualitas sehingga dapat meningkatkan keunggulan daya saing terhadap organisasi lainnya terutama organisasi pemerintahan serta dapat memuaskan masyarakat atau peserta yang terkait di dalam sebuah organisasi tersebut. Profesionalisme dapat diukur melalui tiga indikator yaitu kemampuan pegawai, dedikasi pegawai, dan etika profesi pegawai. Sedangkan kualitas pelayanan dapat diukur melalui lima indikator kualitas pelayanan yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara profesionalisme pegawai dengan kualitas pelayanan penerbitan KTP dan KK di Kantor Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi dan untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh aparatur Kecamatan Gambiran sudah memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian hubungan asosiatif/ asosiatif simetrik. Lokasi penelitian di Kantor Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dengan Nonprobability sampling secara spesifik menggunakan sampling insidental. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan mengumpulkan data yang dinyatakan dengan angka. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik non parametrik Rank Spearman untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara profesionalisme pegawai dengan kualitas pelayanan umum di Instansi Pemerintah Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Hasil korelasi sebesar 0,996 sedangkan nilai pada tabel kritis untuk nilai rho sebesar 0,279. Hal ini menunjukkan bahwa perhitungan korelasi lebih besar dari harga kritisnya. Maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, sehingga terdapat hubungan antara profesionalisme pegawai dengan kualitas pelayanan penerbitan KTP dan KK di Kantor Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19808
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Irvan Kurniawan_1.pdf165.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools