Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19725
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIna Syarifah-
dc.date.accessioned2014-01-21T05:33:51Z-
dc.date.available2014-01-21T05:33:51Z-
dc.date.issued2014-01-21-
dc.identifier.nimNIM060910202214-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19725-
dc.description.abstractPT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember melibatkan costumer services dan loan service dalam menjalankan komunikasi dengan publik sasaran. Customer service dan loan service PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember menjalankan peranan public relations untuk membina hubungan dengan publik sasaran dan mendukung tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan public relations dalam menangani keluhan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif. Tahap analisis data digunakan analisis domain dan taksonomi dengan menggunakan metode snowball dan dalam menentukan informan, peneliti menggunakan purposive sampling. Penarikan kesimpulan pada penelitian dilakukan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa public relations sebagai metode komunikasi pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Customer service dan loan service menjalankan peranan public relations dalam memberikan layanan komunikasi terhadap nasabah. Penanganan keluhan nasabah untuk produk dana, jasa dan layanan, produk dana dan BTN syariah diserahkan kepada customer service, sedangkan untuk produk Kredit Pemilikan Rumah diserahkan kepada unit loan service. Peranan public relations yang dijalankan oleh loan service dalam penanganan keluhan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) adalah sebagai communication fasilitator dan problem solving process fasilitator. Peranan public relations sebagai communication fasilitator terdiri dari beberapa penerapan komunikasi yang dilakukan oleh loan service sebagai relationship, mediator dan back up management.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910202214;-
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.titlePeranan Public Relations dalam Menangani Keluhan Nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember; Ina Syarifah, 060910202214en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub (161).pdf3.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools