Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19591
Title: ANALISA KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) UPT BALAI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER
Authors: Ayu Retno Wulandari
Keywords: Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 070910291055;
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. Menurut Zeithmal,dkk penilaian kualitas pelayanan (ServQual) publik terdiri dari: dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Nilai kualitas pelayanan diperoleh dari nilai persepsi pelanggan dikurangi dengan nilai harapan. Penelitian ini dilakukan di UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember di Jln. Brawijaya No. 61 Jember. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan sejak tanggal 1 juli – 1 September 2012. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, responden dalam penelitian ini adalah pemohon yang sudah melakukan pengujian kendaraan bermotor di UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Jember. Penentuan sampel, dilakukan dengan sampling insidental. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember menunjukan nilai servQual -2,8 yang dapat dikategorikan dalam kualitas pelayanan yang tidak baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19591
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ayu Retno Wulandari_1.pdf101.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools