Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19316
Title: EVALUASI PROGRAM LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIPIKASI TANAH (LARASITA) DI DESA JARIT KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG (studi kasus pada Kantor Pertanahan Kabupaten Lumajang)
Authors: Amelia Nurjanna Chaisar Putri
Keywords: LARASITA, Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 080910201042;
Abstract: Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi program yang tipe evaluasinya adalah On-going Evaluation. Tipe dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan informan kunci dalam penelitian ini mengunakan pedoman kriteria informan menurut Bungin yang menggunakan metode purposive sampling dan kriteria informan tambahan menurut Sanapiah Faisal yang menggunakan metode snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder yang cara pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Pemeriksaan kwabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini mengunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Dalam pelaksanaannya, Larasita di Kabupaten lumajang masih belum berjalan secara maksimal. Tidak adanya komunikasi intensif antara Tim Larasita, aparat desa dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) menjadi kendala kurang pahamnya masyarakat terhadap Larasita dan kegunaan Larasita. Untuk mengarah pada tingkat pemahaman, pemanfaatan, efektifitas, ketepatan program serta keluaran, output dari Larasita ini dirasa masih kurang mengingat beberapa kendala yang dihadapi oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Lumajang, seperti kondisi SDM masyarakat yang masih kebanyakan tamat SD bagi kelompok usia dewasa, kondisi geografis yang sulit dijangkau, bertambahnya beban kerja yang harus diselesaikan oleh Tim Larasita serta tidak adanya target penyelesaian produk pada Larasita menjadikan Output dari program Larasita kurang dirasakan secara maksimal oleh masyarakat, hal ini menjadi pelengkap dari kurang efektifnya program Larasita.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19316
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Amelia Nurjanna Chaisar Putri_1.pdf537.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools