Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19062
Title: ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG TRADISIONAL BIDANG FESYEN DALAM MENGHADAPI MODERNISASI PASAR DI PASAR PAMENANG KABUPATEN KEDIRI
Authors: Nuz Ganesha
Keywords: Pemasaran, Pedagang Tradisional, Bidang Fesyen, Modernisasi Pasar
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 090910202002;
Abstract: Masuknya peritel yang menawarkan konsep pasar modern di Kabupaten Kediri seperti Apollo plaza, Rajawali dan lain-lain maka mempunyai pengaruh pada perkembangan usaha para pedagang tradisional bidang fesyen, karena lebih unggul dalam hal permodalan, promosi, iklan, serta tempat yang lebih modern. Pedagang tradisional bidang fesyen harus mampu menentukan strategi pemasaran yang sesuai agar usahanya bertahan hidup dan tetap eksis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran pedagang tradisional bidang fesyen dalam menghadapi modernisasi pasar di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri. Tahap pengumpulan data dalam panelitian ini meggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu : reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/ verifikasi, dengan menggunakan matriks konseptual, matriks deskriptif-tertata, dan matriks dinamika situs dari pedagang tradisional bidang fesyen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang tradisional bidang fesyen terdiri dari marketing mix, yang lebih ditekankan pada penentuan harga yang murah (price), kelengkapan dan keberagaman produk barang dagangan yang dijual (product), barang dagangan yang komplit dan lengkap serta banyak pilihan model dan warna. Hal tersebut merupakan kekuatan dari pedagang tradisional bidang fesyen. Dalam memanfaatkan saluran distribusi (place) pedagang tradisional bidang fesyen selain menjual barang dagangannya kepada konsumen akhir juga menjual barang dagangannya kepada pedagang yang barangnya dijual lagi, pedagang keliling, dan lain-lain yang dijual kepada konsumen akhir. Hal tersebut dilakukan agar barang dagangannya tetap laku dan meningkatkan volume penjualan dalam menghadapi persaingan usaha.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19062
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nuz Ganesha_1.pdf285.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools