Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/18946
Title: P e n i n gk at an A k t i vi t as d an H as i l B e l aj ar S i s w a K e l as V A M e l al u i M e t od e R ol e P l ay i n g d al am P e m b e l aj ar an I P S P ok o k B ah asan P e r j u an ga n P a r a T ok oh M e n u j u K e m e r d e k aan d i S D N A JU N G 01 J e m b e r T ah u n P e l aj ar an 2012/ 2013 ;
Authors: H e ndi A g us D i a nt o
Keywords: M e t od e R ol e P l ay i n g
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 090210204 119;
Abstract: lmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai metode pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS, salah satunya adalah metode role playing. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Ajung 01 J e m be r . S ubj e k pe ne l i t i a n a da l a h si sw a ke l a s V A de nga n j um l a h si sw a se ba n y a k 51 si sw a . P e ng um pul a n da t a da l a m pe ne l i t i a n i ni m e ngg un a ka n m e t ode ob se r va si , w a w a n c a r a , dokum e n t a s i da n t e s . A na l i si s da t a y a n g di g un a k a n a da l a h a na l i si s de skr i pt i f kua l i t a t i f . H a si l pe ne l i t i a n m e nunj ukka n ba hw a pe n e r a p a n m e t ode rol e pl ay i ng da pa t m e ni ng ka t k a n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a da l a m pe m be l a j a r a n I P S pokok ba ha sa n pe r j ua n g a n p a r a t okoh m e nuj u ke m e r de ka a n . A kt i vi t a s be l a j a r si sw a pa da pr a si kl us se be sa r 38,72 % . P a da si kl us I , pe r s e nt a s e a kt i v i t a s be l a j a r si sw a se be sa r 78% da n t e r g ol on g ka t e g or i c ukup a kt i f . S e hi ngg a m e n ga l a m i pe ni ng ka t a n se be sa r 39,28% . P e r se nt a se a kt i vi t a s b e l a j a r si sw a m e ni n g ka t p a da si kl us I I m e nj a di 88% de ng a n k a t e g or i a kt i f . J a di m e ng a l a m i pe ni ng ka t a n se b e s a r 10% da r i si kl us I k e si kl us I I . P a da pr a si kl us, p e r se nt a se h a si l be l a j a r si sw a s e be sa r 39% . K e m udi a n, pa d a si kl us I se c a r a kl a si k a l se be sa r 84 % da n t e r g ol o ng ba i k , se hi ngg a m e n ga l a m i pe ni ng ka t a n se b e sa r 45% . P a da si kl us I I , p e r s e nt a se ha si l be l a j a r si sw a se c a r a kl a si ka l se be sa r 92% d a n t e r g ol on g da l a m k a t e g o r i ba i k se ka l i . S e hi ngg a d a r i si kl us I k e si kl us I I t e r j a di pe ni ng ka t a n s e be sa r 8% . B e r d a sa r k a n ha si l pe ne l i t i a n di a t a s, da pa t di si m pul ka n ba hw a pe m be l a j a r a n m e l a l ui pe ne r a p a n m e t ode rol e p l ay i ng da l a m pe m be l a j a r a n I P S pokok ba ha s a n pe r j ua n ga n pa r a t okoh m e nuj u k e m e r de k a a n d a pa t m e ni ng ka t k a n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a ke l a s V A S D N A j ung 01 J e m be r . S a r a n da r i pe ne l i t i ba g i g ur u S D a da l a h he nda k n y a da p a t m e m a nf a a t k a n m e t ode rol e pl ay i ng se b a ga i sa l a h s a t u a l t e r na t i f m e t ode pe m be l a j a r a n b a i k pa da m a t a pe l a j a r a n I P S m a up un m a t a pe l a j a r a n y a n g l a i n j i ka m e m ung ki nk a n, ka r e na pe ne r a p a n m e t ode rol e pl ay i ng da pa t m e ni n g ka t ka n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a . B a g i pe ne l i t i l a i n, pe ne l i t i a n i ni da pa t di j a di ka n se ba g a i a c u a n unt uk m e nga da ka n pe n e l i t i a n se j e ni s y a n g n a nt i n y a d i ha r a pka n pe ne l i t i l a i n m a m pu m e m pe r ba i ki da n m e l e n gka pi ke kur a n ga n y a n g t e r da pa t da l a m pe n e l i t i a n i ni .
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18946
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (109)x_1.pdf313.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools