Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/18782
Title: STRATEGI BAURAN PROMOSI HOTEL SIDO MUNCUL 2 KABUPATEN SITUBONDO
Authors: Alfinda Hapsari Zakiah
Keywords: Bauran Promosi, Hotel Sido Muncul 2
Issue Date: 20-Jan-2014
Series/Report no.: 080910292002;
Abstract: Kepariwisataan mempunyai peranan penting untuk memperluas serta memeratakan kesempatan usaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, dan memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Perkembangan pariwisata bisa dilihat dari meningkatnya jumlah wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang menginap di hotel, oleh karena itu penelitian ini mengambil objek pada Hotel Sido Muncul 2 Kabupaten Situbondo. Peneliti mengambil objek pada Hotel Sido Muncul 2 karena Hotel Sido Muncul 2 merupakan hotel pengembangan dari Hotel Sido Muncul 1 yang merupakan binaan dari Perusahaan Daerah Pasir Putih. Hotel Sido Muncul 2 melakukan keempat elemen bauran promosi yaitu advertising, personal selling, public relations dan sales promotion. Keempat elemen tersebut digunakan oleh Hotel Sido Muncul 2 secara berkala sesuai dengan kebutuhan dari Hotel Sido Muncul 2. Penggunaan keempat elemen tersebut dilakukan bersama-sama pada saat awal pengembangan hotel. Kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Hotel Sido Muncul 2 adalah dengan adanya iklan di koran yang dalam hal ini disebut iklan kolom baris. Hal tersebut dapat dilihat dalam sponsorship kegiatan tahun baru. Biasanya pihak manajemen memasang iklan pada koran dan radio mengenai adanya diskon spesial tahun baru. Kegiatan public relations yang dilakukan Hotel Sido Muncul 2 adalah pada saat awal pengembagan hotel. Kegiatan tersebut bersifat membidik instansiinstansi dan lembaga-lembaga untuk dapat menikmati fasilitas hotel yang ada pada Hotel Sido Muncul 2. Pada umumnya kegiatan personal selling ini adalah kegiatan pengenalan awal untuk mengenalkan fasilitas hotel pada masyarakat pada umumnya dan lembaga-lembaga atau instansi-intansi pada khususnya. Kegiatan personal selling dilakukan pada saat adanya event-event pada pantai pasir putih. Tujuan adanya personal selling adalah untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat untuk menggunakan jasa Hotel Sido Muncul 2. Pada umunya kegiatan personal selling ini adalah kegiatan dengan menggunakan jasa orang dalam mempromosikan Hotel Sido Muncul 2. Kegiatan sales promotion yang dilakukan Hotel Sido Muncul 2 adalah dengan memberikan kenangkenangan kepada pengunjung yang menandakan ciri khas dari Hotel Sido Muncul 2, tujuan dari sales promotion ini adalah untuk memberikan kenangan kepada para pengunjung dan terus mengingat Hotel Sido Muncul 2 dan akan kembali lagi pada Hotel Sido Muncul 2. Keempat elemen dari bauran promosi tersebut terus digunakan oleh Hotel Sido Muncul 2 karena kegiatan promosi dipandang efektif untuk menarik minat masyarakan dalam hal menggunakan fasilitas Hotel Sido Muncul 2. Penggunaan dari bauran promosi sendiri beragam dan menyesuaikan dari keadaan dan situasi dari pantai pasir putih Situbondo
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18782
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alfinda Hapsari Zakiah_1.pdf95.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools