Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/18703
Title: PELAKSANAAN ADMINISTRASI PELAYANAN PENYAMBUNGAN TENAGA LISTRIK BARU PADA PT. PLN (PERSERO) DITRIBUSI JAWA TIMUR CABANG JEMBER
Authors: SOFYAN HADIYANTO
Keywords: PENYAMBUNGAN TENAGA LISTRIK BARU
Issue Date: 20-Jan-2014
Series/Report no.: 040803101283;
Abstract: Dari hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan pada PT. PLN (Persero) Ditribusi Jawa Timur Cabang Jember selama kurang lebih 1 (satu) bulan, khususnya mengenai Administrasi Penyambungan Baru, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : a. Administrasi Pelayanan Penyambungan Baru dilakukan dengan beberapa tahap sebagai berikut : 1) Menerima permohonan penyambungan baru. Permohonan penyambungan baru dapat diajukan melalui loket pelayanan atau melalui surat / facx, telepon atau dapat juga diajukan melalui petugas pemasaran keliling. Kemudian permohonan tersebut akan dikirim ke Seksi Perencanaan / Teknis / konstruksi untuk dilakukan survey. 2) Penerbitan dan pengiriman surat jawaban persetujuan. Bila secara teknis (Berdasarkan data teknis) dinyatakan layak dan data-data disampaikan benar, maka pihak PLN akan menerbitkan jawaban persetujuan.jawaban persetujuan merupakan surat jawaban penyambungan baru yang disetujui (SJPS). SJPS ini diberitahukan besarnya daya dan tarif, biaya yang harus dibayar. 3) Penerbitan dan pengiriman surat jawaban penangguhan. Bila secara teknis (Berdasarkan data teknis) dinyatakan tidak layak dan data-data yang disampaikan tidak benar, maka pihak PLN akan menerbitkan surat penangguhan.jawaban penangagguhan merupakan surat penyambungan baru yang tidak disetujui / ditangguhkan (SJPT). SJPT disiapkan oleh UPP dan berisi antara lain : tidak disetujui / ditangguhkan, dan ketentuan lain tentang lebih lanjut. 4) Perhitungan biaya pasang baru. Setelah jawaban persetujuan diterbitkan dan dikirimkan kepada calon pelanggan maka pada calon pelanggan tersebut akan dikenakan pasang baru. Besar biaya pasang baru yang harus dibayarkan untuk daya tersebut 47 disesuaikan dengan tarif dalam TDL yang berlaku untuk biaya penyambungan maupun uang jaminan pelanggan. 5) Penerbitan dan pengisian perintah kerja Bila pelanggan telah menerima kuitansi dari pembayaran biaya pasang baru maka diterbitkan surat perintah kerja yang ditunjukkan kepada Sub Bagian Transmisi / Ditribusi / Petugas Lapangan yang ditunjukkan untuk mengadakan pemasangan sambungan baru dan penyambungan tenaga listrik. 6) Penerbitan dan Pengisian berita acara. Setelah dilaksakan pemasangan sambungan baru dan penyambungan tenaga listrikmaka akan ditentukan berita acara. Berita acara ini selanjutnya akan diserahkan bagian teknis dan membuat perubahan data langganan (TDL) yang kemudian dibuat rekening listriknya. b. Kegiatan efektif lain yang dilakukan oleh peserta Praktek Kerja Nyata (PKN) adalah membantu kagiatan kantor yang ada terutama kegiatan pada pelayanan penyambungan baru yang meliputi : 1) Membantu mengisi formulir permohonan penyambungan baru tenaga listrik. 2) Membantu mengisi formulir jawaban permohonan persetujuan. 3) Membantu mengisi jawaban penangguhan. 4) Membantu menghitung biaya pasang baru. 5) Membantu mengisi surat perintah kerja penyambungan baru tenaga listrik. 6) Membantu mengisi berita acara penyambungan baru tenaga listrik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18703
Appears in Collections:DP-Company Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdl (111)xx_1.pdf130.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.