Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1649
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENTARI-INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAI\ HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL SISWA SMA DI WILAYAH KOTA PASURUAN, KABUPATEN PASURUAII, DAII KABUPATEN PROBOLINGGO')
Authors: Astutik, Sri
Keywords: PM-PMP, Model Pembelajaran Mentari-Inovatif, TOT, UNAS, Proses Pembelajaran, Hasil Belajar
Issue Date: Dec-2012
Abstract: Indikator Keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional GrNAS) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai UNAS dengan baik, di mana rata-rata nilai LINAS kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 201I dapat diketahui bahwa pada 9 mata pelajaran UNAS untuk tahun 2008,2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah Propinsi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai di kurang dari 6,00). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa adalah mengembangkan Model Pembelajaran yang Inovatif. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan Penerapan Model Mentari-Inovatif Pengembangan Mutu Pendidikan (PM-PMP) tafuin 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) menerapkan Model Pembelajaran Mentari-lnovatif pada 9 mata pelajaran UNAS di wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan Model Pembelaj aran Mentari-Inovatif yang dij adikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) Program Training of Trainers (TOT) pada9 Guru yang mengajar 9 matapelajaran TINAS , (3) Program Penerapan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif pada 9 mata pelajaran UNAS, dan (4) Program Pengukuran efektifitas penerapan Model Pembelajaran Mentari- Inovatif. Luaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajaran yang terverifikasi dan efektivitas model Mentari-Inovatif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA khususnya di wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1649
Appears in Collections:CSR-Hibah Pengabdian Lain-lain

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PM-PMP -Sri Astutik MSi (2012).PDF553.38 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.