Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/16430
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PURWANTO | - |
dc.date.accessioned | 2014-01-17T11:50:59Z | - |
dc.date.available | 2014-01-17T11:50:59Z | - |
dc.date.issued | 2014-01-17 | - |
dc.identifier.nim | NIM040210301172 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16430 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pasuruan tahun ajaran 2007/2008. Juga untuk mengetahui variabel manakah dari variabel bebas yang meliputi kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket, interview, dan dokumentasi. Jumlah responden adalah 56 siswa yang pengambilannya menggunakan simple random sampling sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji F, dimana perolehan perhitungan F hitung ixvii > F yaitu (40,865 > 3,172) dengan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R tabel ) sebesar 0,607 yang berarti bahwa variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi sebesar 60,7%. Proporsi sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu, untuk variabel kesesuain pemilihan jurusan (X square ) sebesar 34,34% sedangkan fasilitas belajar (X 2 1 ) sebesar 26,334%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa dari dua variabel bebas tersebut terbukti bahwa variabel bebas kesesuain pemilihan jurusan IPS (X ) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 040210301172; | - |
dc.subject | Kesesuaian pemilihan jurusan IPS, Fasilitas belajar, dan prestasi 1 belajar siswa mata pelajaran ekonomi | en_US |
dc.title | PENGARUH KESESUAIAN PEMILIHAN JURUSAN IPS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
21 (39).pdfxx_1.pdf | 601.99 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools