Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/15723
Title: Pengaruh Pemilihan Jurusan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 05 Jember Tahun Ajaran 2010/2011
Authors: Ike Fitrianingrum
Keywords: Motivasi Belajar
Issue Date: 17-Jan-2014
Series/Report no.: 050210301077;
Abstract: Pemilihan jurusan yang dipilih siswa serta motivasi belajar sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh yang signifikan pemilihan jurusan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?, 2) Manakah diantara variabel pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh pemilihan jurusan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011, 2) Mengetahui variabel manakah, diantara variabel pengaruh pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 semester genap tahun 2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proposional random sampling sebanyak 82 siswa. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data skunder dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, analisis regresi linear berganda, varian garis regresi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilihan jurusan dan motivasi belajar mempunyai pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah emilihan jurusan (X 1 )= t hitung = 9,328 > t = 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000, dan motivasi belajar (X 2 )= t hitung = 6,634 > t 9 tabel = 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas pemilihan jurusan (X 1 ) dan motivasi belajar (X 2 tabel ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat hasil belajar (Y). Variabel bebas pemilihan jurusan (X ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15723
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub (40)bb_1.pdf713.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools