Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/15570
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Hari Purnomo | - |
dc.date.accessioned | 2014-01-17T00:18:55Z | - |
dc.date.available | 2014-01-17T00:18:55Z | - |
dc.date.issued | 2014-01-17 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210274072 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15570 | - |
dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Kamal 03 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Metode Demonstrasi merupakan cara penyajian pembelajaran yang memperagakan dan mempertunjukkan pada siswa tentang suatu proses tentang situasi atau benda tertentuyang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang perlu dierapkan dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan pokok bahasan kebebasan berorganisasi melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri Kamal 03 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal awal Maret sampai dengan Akhir Mei 2012 di SD Negeri Kamal 03 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 19 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis aktivitas siswa dalam siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran penerapan Metode Demonstrasi pada siklus I mencapai 60% sedangkan pada silkus II mencapai 76%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 73% sedangkan pada siklus II mencapai 89%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas V SD Negeri Kamal 03 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pembelajaran dengan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada silkus I sebesar 60 % dan pada siklus II sebesar 70 % mengalami peningkatan sebesar 10%, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,46 % dan siklus II sebesar 77,03 % sehingga pembelajaran secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 7,57%. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210274072; | - |
dc.subject | Aktivitas Siswa | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan berorganisasi di Sekolah pada Siswa Kelas V SDN Kamal 03 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
gdlhub- (42)a_1.pdf | 239.54 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools