Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/15065
Title: Produktivitas Guru Biologi Dalam Mengkontruksi Media Pembelajaran Hubunganya dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Situbondo
Authors: Fitriyaningsih
Keywords: Guru, Pembelajaran
Issue Date: 16-Jan-2014
Series/Report no.: 060210193089;
Abstract: Selain model pembelajaran, media juga sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Media dapat digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi memperjelas suatu pesan serta mempermudah proses penyampaian materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ketersediaan media pembelajaran biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Situbondo dan untuk mengetahui tingkat produktivitas guru biologi dalam mengkontruksi media pembelajaran biologi di SMA Negeri Se- Kabupaten Situbondo. Serta untuk mengetahui korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media dengan hasil belajar siswa SMA Negeri Se- Kabupaten Situbondo. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Se-Kabupaten Situbondo yang ditunjuk sebagai sampel. Dimana berdasarkan data hasil penelitian diperoleh data mengenai ketersediaaan media, kesesuaian media, jenis media yang tersedia, produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media pembelajaran, jumlah media pembelajaran, intensitas penggunaan media pembelajaran, sumber dana dan pengalaman guru dalam mengajar. Data yang diperoleh dari angket yang disebarkan pada SMA Negeri Se- Kabupaten Situbondo (SMAN 1 Situbondo, SMAN 2 Situbondo, SMAN 1 Asembagus, SMAN 1 Panji, SMAN 1 Kapongan, SMAN 1 Panarukan dan SMAN 1 Suboh). Hasil penelitian, analisis data serta diskusi penelitian, maka dapat dapat diambil bahwa Ketersedian media pembelajaran di SMA Negeri kelas X semester 1 SeKabupaten Situbondo sebesar 57.14% memadai, 42.86% tersedia cukup memadai dan 0% kurang memadai., sedangkan kelas XI sebesar 71,48% memadai, 28,57% cukup memadai dan 0% kurang memadai. Sedangkan kelas XII sebesar 57.14% memadai, 42.86% cukup memadai dan 0% kurang memadai Produktivitas guru biologi di SMA Negeri Kelas X, kelas XI dan kelas XII semester 1 Se-Kabupaten Situbondo dalam mengkonstruksi media pembelajaran sebesar 30% dalam katagori produktif dan 70% cukup produktif. Hasil penelitian menunjukkan korelasi. Hubungan antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media dengan hasil belajar siswa dapat dilihat pada angket pertanyaan no 2 tentang berapa jenis media pembelajaran biologi disekolah tempat Bapak/Ibu mengajar. Dari hasil analisis pertanyaan angket no 2 korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media hubungannya dengan hasil belajar sebesar 45%. Dari hasil ini menunjukkkan korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkontruksi media hubungannnya dengan hasil belajar siswa kurang hal ini disebabkan karena kemampuan guru dalam mengelola dan melaksanakan pembelajaran kurang baik. Petanyaan nomor 6 tantag berapa tingkat intensitas penggunaan media pembelajaran yang Bapak/Ibu gunakan dalam pembelajaran biologi. Dari hasil analisis pertanyaan nomor 6 korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media hubunganaya dengan hasil belajar siswa sebesar 14%. Dari hasil ini menunjukkan korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media hubunganaya dengan hasil belajar siswa kurang hal ini disebabkan karena tingkat intensitas penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru biologi dalam pembelajaran kurang. Kualitas hasil belajar siswa dipengaruhi kemampuan guru dalam mengelola dan melaksakan pembelajaran. Pertanyaan nomor 8 tentang berapa jumlah media atau alat peraga yang dikonstruksi oleh Bapak/Ibu setiap pokok bahasan. Dari hasil analisis pertanyaan no 8 korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media hubunganaya dengan hasil belajar siswa sebesar 16%. Dari hal ini menunjukkkan korelasi antara Produktivitas guru biologi dalam mengkonsrtuksi media hubungannya dengan hasil belajar siswa kurang hal ini disebabkan karena jumlah media atau alat peraga yang dikonstruksi oleh Bapak/Ibu setiap pokok bahasan kurang ditingkatkan oleh guru itu sendiri.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15065
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub (5)a_1.pdf705.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools