Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1493
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorImron, Mohammad-
dc.date.accessioned2013-10-31T02:33:44Z-
dc.date.available2013-10-31T02:33:44Z-
dc.date.issued2013-10-31-
dc.identifier.nimNIM070210102115-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1493-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri Balung tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi. Aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Sedangkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil postest. Aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan pada setiap indikator aktivtas yang diamati dari pra-siklus ke siklus I maupun siklus II. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang melakukan indikator aktivitas bertambah jumlahnya dari pra-siklus ke siklus I maupun siklus II. Karakter siswa juga mengalami perkembangan dari belum terlihat (BT) pada prasiklus menjadi mulai terlihat (MT) pada siklus I dan mulai berkembang (MB) pada siklus II. Karakter siswa meliputi karakter disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, jujur dan teliti. Karakter ini dilihat berdasarkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi pada tiap siklusnya yaitu 39.47% pada pra-siklus menjadi 73.68% pada siklus I dan 86.84% pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas, menunjukkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Balung tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102115;-
dc.subjectModel Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT), Metode Eksperimen Berbasis Pengembangan Karakter, Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mohammad Imron.pdf1.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools